Sukses

Rekaman Drone Tunjukkan Pertempuran Tank Rusia dan Ukraina di Dekat Kiev

Sebuah rekaman drone beredar di sosial media yang menunjukkan penyergapan yang dilakukan oleh pasukan tank Ukraina terhadap konvoi kendaraan lapis baja militer Rusia di dekat Ukraina.

Liputan6.com, Kiev - Sebuah rekaman drone beredar di sosial media yang menunjukkan penyergapan yang dilakukan oleh pasukan tank Ukraina terhadap konvoi kendaraan lapis baja militer Rusia di Brovary, pinggiran kota Kiev.

Situs investigasi Bellingcat mengatakan telah memeriksa video dan mengecek geolokasi pertempuran tersebut, yang berada di Jalan E95 sekitar 35 km dari timur Kiev, demikian seperti dikutip dari the Guardian, Minggu (13/3/2022).

Video berdurasi 45 detik yang diedit, yang dirilis oleh angkatan bersenjata Ukraina, adalah montase pertempuran di jalan dan menunjukkan sebuah konvoi tank Rusia diserang berulang kali oleh konvoi lapis baja Ukraina.

Hal ini dilapisi dengan audio dari apa yang tampaknya menjadi seorang perwira Rusia melaporkan serangan kepada atasannya. Ini disajikan sebagai komentar yang efektif tentang pertempuran yang ditunjukkan.

Ia juga mengatakan komandan resimen tewas, yang disebut oleh media Ukraina sebagai Kolonel Andrei Zakharov, meskipun ini tidak dapat dikonfirmasi secara independen.

"Resimen keenam kalah," kata petugas itu kepada markas besar. "Saya tidak bisa melaporkan tentang resimen ke-6. Aku sedang mengumpulkan data. Banyak kerugian. Mereka menunggu kami. Kepala konvoi masuk ke penyergapan. Komandan resimen tewas dalam aksi."

Beberapa ahli militer menggambarkan video itu kredibel dan mengatakan itu menunjukkan taktik mengejutkan dari pasukan Rusia, dengan lebih dari 20 tank dan kendaraan lapis baja lainnya di jalan utama yang cukup dekat dengan ibukota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rusia Alami Kerugian Militer di Ukraina?

Rusia telah mengambil kerugian yang lebih berat dari yang diperkirakan selama invasi ke Ukraina, yang dimulai lebih dari dua minggu lalu.

Ukraina telah berusaha untuk membuat permainan hubungan masyarakat keberhasilan mereka, merilis film tank Rusia hancur atau kendaraan lapis baja musuh yang ditarik oleh traktor.

Sejauh ini, 164 tank Rusia telah hancur, rusak atau ditangkap, menurut monitor spesialis Oryx, yang melacak kerugian menggunakan bukti foto atau video.

Oryx mengatakan untuk kendaraan tempur lapis baja Rusia, jumlahnya adalah 102. Ukraina telah kehilangan 47 tank dan 39 kendaraan tempur dari pasukannya yang lebih kecil.

Sebuah penilaian oleh AS awal pekan ini menunjukkan 5.000 hingga 6.000 tentara Rusia telah tewas dan 2.000 hingga 4.000 tentara Ukraina, ditambah lebih banyak warga sipil.

Penilaian AS lainnya memperkirakan bahwa kedua belah pihak telah kehilangan 8% hingga 10% dari aset militer yang telah mereka lakukan untuk pertempuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.