Sukses

Alasan Anjing Suka Mengangkat Kakinya Saat Kencing

Pernahkah Anda bertanya mengapa anjing kencing angkat kaki?

Liputan6.com, Jakarta - Jika memiliki seekor anjing, maka Anda memiliki banyak waktu untuk merenungkan kebiasaan mereka.

Dari semua waktu yang Anda habiskan untuk berpikir, salah satunya mungkin bertanya-tanya mengapa anjing sering mengangkat kakinya untuk buang air kecil meskipun secara anatomis itu tidak diperlukan.

Padahal, secara logika Anjing dapat melakukan jongkok-saat kencing tanpa masalah. Jadi, mengapa mereka melakukannya? Mengapa anjing mengangkat kakinya untuk buang air kecil?

Jawabannya sangat berkaitan dengan cara anjing berkomunikasi satu sama lain, demikian dikutip dari laman Mentalfloss, Selasa (4/1/2022).

Anda mungkin berasumsi bahwa anjing menganggap kencing sebagai cara "menandai" wilayah mereka.

Itu benar, tetapi bagaimana mereka melakukan penandaan tersebut, dan apakah itu penting bagi mereka.

Dengan mengangkat kaki, anjing dapat mengarahkan aliran urin dengan lebih baik ke permukaan vertikal di mana baunya akan bertahan lama.

Jika seekor anjing berjongkok atau menjulurkan kaki belakangnya ke belakang (dikenal sebagai posisi kuda pacu), urin akan diarahkan ke tanah dan diserap oleh tanah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Air Kencing Pertanda Bagi Anjing

Anjing yang lebih kecil menganggap pengangkatan kaki sangat membantu. Dengan menyemprotkan ke atas, anjing menunjukkan bahwa mereka lebih besar dari yang sebenarnya.

Ini semacam gertakan anjing untuk membantu mengusir anjing yang lebih besar yang mungkin menganggap wilayah mereka diduduki oleh sasaran empuk.

Urin anjing penuh dengan informasi untuk anjing lain, mengirimkan detail tentang kesehatan, jenis kelamin, dan bahkan tingkat stres, jadi penting bagi mereka untuk melakukannya dengan benar.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.