Sukses

China Luncurkan Tangki Propelan Terbesar Buatan Dalam Negeri

China baru-baru ini meluncurkan tangki propelan terbesar yang dibuat oleh SAST.

Liputan6.com, Beijing - China meluncurkan dasar tangki propelan terbesar yang terbentuk secara integral dari kendaraan peluncuran baru di negara itu.

Tangki itu dibangun menggunakan teknologi pemintalan baru yang dikembangkan oleh Shanghai Academy of Spaceflight Technology (SAST) dengan diameter 3,8 meter, The Paper diterbitkan pada Selasa.

Seluruh panjang tangki adalah 21 meter, yang merupakan salah satu unit terpanjang untuk meluncurkan kendaraan di China, menurut laporan itu. 

Dikutip dari Global Times, Rabu (3/11/2021), keberhasilan penutupan tangki merupakan tonggak dalam pengembangan kendaraan peluncuran baru. Tangki menyumbang lebih dari 60 persen dari berat struktural roket, menurut laporan itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menggunakan Teknologi Pemintalan Integral

Bagian bawah tangki propelan adalah salah satu komponen kunci dari tangki kendaraan dan teknologi yang berasal dari pembentukan blok yang dikombinasikan dengan pengelasan. Ini banyak digunakan di China.

Untuk memenuhi persyaratan pembuatan kendaraan peluncuran baru yang ringan dan cepat, teknologi pemintalan integral diterapkan selama pembuatan tangki propelan alih-alih teknik tradisional, kata laporan itu. 

Bagian bawah tangki seperti mangkuk besar tipis dengan diameter 3,8 meter, tinggi 1,2 meter, dan ketebalan minimum antara 2 dan 3 milimeter.

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.