Sukses

8 Oktober 1987: Buntut Kelalaian, Insiden Zeebrugge Tewaskan 187 Orang

Setelah diselidiki, insiden Zeebrugge yang menewaskan 187 orang ternyata bukan kecelakaan melainkan kelalaian.

Liputan6.com, Brussel - Insiden Zeebrugge pada 6 Maret 1987 menewaskan 187 orang. Beberapa bulan kemudian, pada Oktober di tahun yang sama terungkap bahwa ini bermula dari kelalaian.

Petugas pemeriksa jenazah (koroner) atas terbaliknya kapal Herald of Free Enterprise telah menilai ada hal yang ganjil.

Dilansir dari laman BBC, Kamis (6/10/20210), bencana kapal yang menewaskan 187 orang telah memungkinkan adanya tuntutan pidana oleh Direktur Penuntut Umum (DPP).

Singkatnya, koroner Richard Sturt mengatakan bahwa vonis dapat dikembalikan hanya jika juri yakin telah melakukan tindak pidana dan telah terjadi kelalaian berat.

Kroner telah menekankan bahwa tujuan pemeriksaan adalah untuk menetapkan fakta, bukan untuk menyalahkan siapapun, tetapi bersikeras bahwa hanya tiga awak yang dapat menyebabkan kematian ratusan orang itu.

Namun, banyak keluarga korban menjelaskan bahwa mereka ingin melihat direktur perusahaan Townsend-Thoresen saat itu menghadapi tuntutan, dan bukan karyawan.

Peter Spooner, ayah dari salah satu korban mengatakan: "Saya masih kecewa dan sedih bahwa tanggung jawab tampaknya tidak naik ke tingkat yang seharusnya".

Koroner Richard Sturt tidak berkomentar setelah putusan di Pengadilan Koroner Dover, tetapi mengatakan bahwa surat-surat akan dikirim ke Perdana Menteri dan Menteri Transportasi serta DPP.

Michael Napier, pengacara untuk keluarga tersebut, mengatakan "kerabat masih berharap pengurus akan menganggap ini secara serius seperti yang diharapkan".

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecerobohan Perusahaan

Setelah penyelidikan publik atas bencana tersebut, Lord Justice Sheen menerbitkan sebuah laporan yang mengidentifikasi "kecerobohan", dan kelalaian di setiap tingkat hierarki perusahaan.

Sekretaris Transportasi Paul Channon mengatakan, tidak ada yang kebal dari penuntutan tetapi keputusan apa pun adalah milik DPP saja.

Dalam tinjauan yudisial awal pekan ini, Pengadilan Divisi menilai penuntutan di masa depan untuk pembunuhan perusahaan mungkin layak dilakukan.

Namun, keputusan ini secara tegas diembargo hingga setelah vonis har ini, agar tidak mempengaruhi para juri.

Asisten bosun, Marc Stanley, salah satu dari tiga anggota kru, dikatakan oleh pengacaranya "sangat terkejut" dengan putusan tersebut. Ia adalah satu-satunya orang yang menerima pertanggungan dalam penyelidikan Sheen.

Serikat pelaut yang mewakili ketiga pria tersebut telah berjanji untuk mengkampanyekan pembatalan putusan tersebut.

Kapten David Lewry, master feri dan Leslie Sabel, Chief Officer diskors dari tugas awal tahun ini

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.