Sukses

Taliban Bantah Tudingan Pembunuhan 13 Orang Etnis Hazara

Kelompok Hak Asasi terkemuka Amnesti Internasional menyebut bahwa Taliban telah membunuh 13 orang etnis Hazara.

Liputan6.com, Kabul - Taliban membunuh 13 orang etnis Hazara termasuk seorang gadis remaja, menurut sebuah kelompok hak asasi terkemuka.

Amnesty International mengatakan, menemukan bukti bahwa para korban dibantai di provinsi Daykundi pada Agustus lalu.

Mengutip BBC, Rabu (6/10/2021), Taliban membantah tuduhan itu, mengatakan kepada BBC bahwa laporan Amnesti hanya menunjukkan "satu sisi" dari cerita tersebut.

Sembilan di antara para korban adalah mantan tentara pemerintah yang telah menyerah kepada Taliban, kata Amnesty, seraya menambahkan bahwa pembunuhan itu tampaknya merupakan kejahatan perang.

Komunitas Hazara adalah kelompok etnis terbesar ketiga di Afghanistan

Mereka sebagian besar mempraktikkan Islam Syiah dan telah menghadapi diskriminasi dan penganiayaan jangka panjang di Afghanistan dan Pakistan yang didominasi Sunni. Ini adalah kedua kalinya Taliban dituduh membunuh Hazara sejak kelompok itu berkuasa pada Agustus.

Dua korban lain dari dugaan pembunuhan di provinsi Daykundi adalah warga sipil, kata Amnesty, termasuk seorang gadis berusia 17 tahun yang dilaporkan tertembak ketika Taliban melepaskan tembakan ke kerumunan keluarga tentara.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembunuhan oleh Taliban

Warga sipil tewas ketika mereka berusaha melarikan diri, kata Amnesty dalam laporan yang diterbitkan pada hari Selasa.

"Eksekusi berdarah dingin ini adalah bukti lebih lanjut bahwa Taliban melakukan pelanggaran mengerikan yang sama yang mereka lakukan selama pemerintahan mereka sebelumnya di Afghanistan," kata Agnès Callamard, sekretaris jenderal Amnesty International.

"Taliban mengatakan mereka tidak menargetkan mantan pegawai pemerintah sebelumnya, tetapi pembunuhan ini bertentangan dengan klaim tersebut," katanya.

3 dari 3 halaman

Pembantaian Minoritas Hazara

Sebuah laporan Amnesty sebelumnya, yang dirilis pada Agustus, mengatakan bahwa Taliban telah "membantai" sembilan anggota minoritas Hazara di provinsi Ghazni pada Juli.

Juru bicara kementerian dalam negeri Taliban, Qari Saeed Khosti mengatakan kepada BBC: "Laporan ini sepihak dan kami menyerukan semua organisasi internasional untuk datang dan melakukan penyelidikan yang tepat di lapangan.

"Ini bukan kesimpulan yang dapat diterima dan bebas dari transparansi." 

Menurut laporan Amnesty, sekitar 300 anggota Taliban melakukan perjalanan pada tanggal 30 Agustus ke daerah dekat desa Dahani Qul, di mana anggota mantan pasukan pemerintah tinggal bersama keluarga mereka.

Mantan anggota pasukan keamanan Afghanistan dan keluarga mereka berusaha melarikan diri, tetapi Taliban mengejar mereka dan melepaskan tembakan, kata laporan itu.

Seorang mantan tentara membalas, menewaskan seorang pejuang Taliban dan melukai yang lain, kata Amnesty, dan dua mantan tentara pemerintah lainnya tewas dalam baku tembak berikutnya.

Sembilan mantan tentara lainnya kemudian menyerah, menurut laporan itu, tetapi Taliban "segera membawa mereka ke lembah sungai terdekat dan mengeksekusi mereka".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.