Sukses

Kasus Pertama Bayi Meninggal Akibat COVID-19 Terjadi di Louisiana

Kabar pilu datang dari negara bagian AS bahwa seorang bayi dinyatakan meninggal akibat COVID-19. Para pihak terkait segera mengimbau gerakan vaksinasi yang masih rendah.

Liputan6.com, Lousiana - Pejabat kesehatan Louisiana, Amerika Serikat, melaporkan seorang bayi meninggal akibat terpapar Virus Corona COVID-19. Bayi itu belum genap berusia satu tahun.

Laporan dari Departemen Kesehatan Louisiana - negara bagian di sebelah tenggara Amerika Serikat tersebut tidak menyebutkan nama bayi, jenis kelamin, dan usia pastinya. Mereka hanya menyampaikan kabar pilu ini adalah kasus kematian pertama seorang bayi akibat COVID-19 dalam kurun waktu enam bulan.

"Setiap kematian akibat COVID-19 di Louisiana sangat menyayat hati. Kesedihan semakin berlanjut dari kita yang kehilangan seorang anak kecil, yang belum dapat divaksinasi. Kejadian ini mengingatkan kita betapa sulitnya keadaan yang kita alami bersama di Louisiana," ujar Gubernur John Bel Edwards, dikutip dari New York Post, Kamis (26/8/2021).

Sebanyak 30% kasus baru yang dilaporkan oleh negara bagian pada hari Rabu 25 Agustus, telah mengintai penduduk berusia 18 tahun. Sebanyak 63 anak dirawat di Pusat Perawatan Kesehatan setempat selama sepekan. Setidaknya terdapat 11 anak telah meninggal karena COVID-19 awal pandemi melanda dunia.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rendahnya Vaksinasi

Pejabat Kesehatan Negara Bagian Joseph Kanter menyebutkan kabar meninggalnya sang bayi membuat hatinya terkikis. Ia pun secara tegas mengimbau para penduduk segera melakukan vaksinasi demi melindungi dari virus COVID-19.

"Cara terbaik kita saat ini adalah melindungi diri kita sendiri, orang yang kita cintai, dan anak-anak kecil yang belum bisa vaksinasi. Lantas sebaiknya kita yang sudah memenuhi syarat segeralah memvaksinasi diri kita sendiri dan jangan lupa memakai masker. Ini tentu sangat mudah," tegas Kanter.

Laporan dari The Advocate bahwa Louisiana adalah negara bagian dengan vaksinasi terendah. Jumlah kematian tertinggi sejak gelombang pertama pada musim semi 2020 – dengan mayoritas kematian pada orang yang belum sepenuhnya divaksinasi. Setidaknya ada 12.226 kematian terkait COVID-19.

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.