Sukses

Total Bantuan Vaksin COVID-19 Moderna dari Amerika untuk Indonesia Capai 4,5 Juta Dosis

Dalam waktu dekat, Indonesia akan kembali menerima 1,5 juta dosis vaksin Moderna dari Amerika.

Liputan6.com, Washington DC - Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin COVID-19 buatan Moderna dari pemerintah Amerika Serikat melalui jalur multilateral Covax Facility. Dalam waktu dekat, Indonesia akan kembali menerima 1,5 juta dosis vaksin Moderna dari Amerika. 

Veteran Perang dan Senator AS Tammy Duckworth yang mewakili Partai Demokrat dari negara bagian Ilinois, mengumumkan bahwa pada 12 Juli Amerika Serikat mengirimkan donasi berupa 1,5 juta dosis vaksin Moderna untuk Indonesia. Pengiriman ini merupakan tambahan dari tiga juta dosis vaksin Moderna yang diumumkan Pemerintahan Presiden Biden akhir pekan lalu, sehingga menggenapkan total donasi vaksin Amerika untuk Indonesia menjadi 4,5 juta dosis.

Duckworth pernah tinggal di Indonesia pada masa kecilnya, sebelum ia mengabdi pada Komponen Cadangan Militer AS selama 23 tahun. Kini ia menjadi anggota Komite Angkatan Bersenjata Senat AS (atau dalam bahasa Inggris biasa disingkat SASC) dan baru-baru ini memimimpin kunjungan Delegasi Kongres AS ke Taiwan, saat ia membantu mengumumkan donasi vaksin Amerika.   

"Hari ini, saya senang sekali mengumumkan bahwa Amerika Serikat mengirimkan 1,5 juta dosis vaksin Amerika untuk Indonesia yang tengah menghadapi peningkatan tajam kasus dan kematian akibat COVID-19," ujarnya dalam keterangan pers dari Kedutaan AS di Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Menurut dia, vaksin Amerika ini melengkapi tiga juta dosis yang dikirimkan pekan lalu tanpa pamrih. Akan tetapi, berdasarkan pemahaman tidak ada satu bangsa yang bisa benar-benar aman dari Virus Corona COVID-19, jadi kita harus bekerja sama untuk menyelamatkan nyawa dan membantu mengakhiri pandemi yang dahsyat ini di mana pun.

"Saya akan terus bekerja secara erat dengan pemerintah Indonesia untuk mendukung masyarakat Indonesia dan memastikan bahwa mereka menerima dosis vaksin yang aman dan efektif, serta bantuan internasional yang mereka butuhkan untuk keluar dari pandemi yang mematikan ini," kata Duckworth.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Donasi AS Selain Vaksin

Pada Jumat 9 Juli di Washington, D.C., Senator Duckworth berbicara dengan Kuasa Usaha Ad-Interim RI untuk AS Iwan Freddy Hari Susanto, yang merupakan pejabat tertinggi di Kedutaan Besar Indonesia di Amerika Serikat, untuk menggarisbawahi komitmen pemerintah dan bangsa Amerika terhadap masyarakat Indonesia dalam upaya mereka menghadapi kasus dan kematian COVID-19 yang baru-baru ini meningkat secara tajam.

Dalam perbincangan tersebut, keduanya juga mendiskusikan upaya berlanjut dari pemerintah AS untuk meningkatkan bantuan bagi tanggap COVID-19 Indonesia yang lebih luas lagi, yang mencakup lebih dari 14,5 juta dolar AS dalam bentuk bantuan langsung COVID-19, termasuk 3,5 juta dolar untuk membantu memvaksinasi masyarakat Indonesia secara cepat dan aman.

Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) juga memberikan dukungan dengan menyediakan edukasi kesehatan bagi publik, melatih ribuan tenaga kesehatan, dan mendanai situs web informasi COVID-19 yang mencapai lebih dari 36 juta orang secara nasional.

Pemerintah AS juga telah mendonasikan alat tes COVID-19, 1.000 ventilator, dan hampir 2.000 fasilitas cuci tangan.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.