Sukses

Patung Jenderal Konfederasi AS Pemicu Demo Berdarah di Charlottesville Dicopot

Sebuah patung jenderal Konfederasi Amerika di pusat unjuk rasa kekerasan di Charlottesville hampir empat tahun yang lalu telah dicopot pada Sabtu 10 Juli 2021.

Liputan6.com, Charlottesville - Sebuah patung jenderal Konfederasi Amerika di pusat unjuk rasa kekerasan di Charlottesville hampir empat tahun yang lalu telah dicopot pada Sabtu 10 Juli 2021.

Penonton bersorak saat patung Jenderal Robert E Lee dimasukkan ke truk untuk pergi ke pusat penyimpanan.

Rencana untuk mencopot patung itu mendorong unjuk rasa nasionalis kulit putih pada Agustus 2017.

Seorang demonstran anti-rasisme, Heather Heyer, dibunuh oleh neo-Nazi yang menabraknya dengan mobil pada protes balasan.

Pembunuhnya kemudian dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Sebuah sedan hendak menabrak kerumunan demonstran di Charlottesville, Virginia (AP)

Patung jenderal lain, Thomas "Stonewall" Jackson juga telah dihapus.

Peringatan untuk Konfederasi yang pro-perbudakan - negara bagian selatan yang memberontak terhadap pemerintah federal selama Perang Saudara AS - telah lama menimbulkan kontroversi.

Ratusan patung Lee, Jackson dan tokoh Konfederasi terkenal lainnya ada di seluruh AS.

Beberapa melihat mereka sebagai penanda sejarah AS dan budaya selatan. Tetapi bagi orang lain, mereka berfungsi sebagai pengingat ofensif sejarah Perbudakan Amerika dan penindasan rasial.

Pawai "Unite the Right" yang diadakan di Charlottesville, Virginia, adalah salah satu pertemuan terbesar dalam beberapa dekade, dan menarik ratusan anggota neo-Nazi, nasionalis kulit putih dan Ku Klux Klan.

Puluhan orang terluka dalam kekerasan yang meletus antara para pawai dan demonstran kontra.

Peristiwa-peristiwa itu membuat AS dilanda ketegangan, dan semakin meradang setelah presiden AS saat itu, Donald Trump, mengatakan bahwa ada "kesalahan di kedua belah pihak".

Charlottesville terus mendorong penghapusan patung Lee setelah protes, tetapi dicegah oleh tindakan dan perubahan hukum.

Kemudian pada bulan April, pengadilan tertinggi Virginia memutuskan patung itu bisa dilenyapkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinyal Penting bagi Seluruh Negeri

Charlottesville telah menyambut pemirsa untuk menonton patung-patung dicopot pada Sabtu 10 Juli 2021 pagi.

Ketika derek mendekati monumen, walikota Charlottesville Nikuyah Walker mengatakan penghapusannya adalah sinyal penting bagi seluruh negeri.

"Menjatuhkan patung ini adalah satu langkah kecil yang lebih dekat dengan tujuan membantu Charlottesville, Virginia dan Amerika bergulat dengan dosanya yang bersedia menghancurkan orang kulit hitam untuk keuntungan ekonomi," katanya.

"Take 'Em Down CVille", sebuah kelompok yang telah mengkampanyekan penghapusan patung-patung itu, bertepuk tangan atas berita penghapusan itu.

"Tidak ada yang percaya bahwa menghapus patung-patung akan mengakhiri supremasi kulit putih tetapi ini adalah langkah penting untuk (memperbaiki) satu masa lalu yang panjang," katanya.

Pejabat kota mengatakan patung-patung itu akan diadakan di lokasi yang aman sampai dewan memutuskan di mana harus memindahkannya.

Pejabat setempat mengatakan mereka berencana untuk mendesain ulang ruang taman di mana patung-patung itu berada "dengan cara yang mempromosikan penyembuhan dan yang menceritakan sejarah Charlottesville yang lebih lengkap".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.