Sukses

Pria dengan Anggota Keluarga Terbanyak di India Meninggal, Tinggalkan 38 Istri dan 89 Anak

Ziona Chana, pria dengan anggota keluarga terbanyak di India meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria berusia 76 tahun yang diyakini sebagai kepala keluarga dengan istri dan anak terbanyak di dunia telah meninggal dunia di negara bagian Mizoram, India. Dia adalah Ziona Chana, kepala sekte agama yang mempraktekkan poligami.

Ziona Chana meninggal pada Minggu 13 Juni waktu setempat, meninggalkan 38 istri, 89 anak dan 36 cucu. Mengutip BBC, Senin (14/6/2021), berita itu dikonfirmasi Kepala Menteri Mizoram, Zoramthang, yang menyampaikan belasungkawa di Twitter "dengan berat hati".

Chana dikabarkan menderita diabetes dan hipertensi. Dokter mengatakan kepada kantor berita PTI bahwa kondisi Chana memburuk di rumahnya di desanya, Baktawng Tlangnuam. Dia dilarikan ke rumah sakit pada Minggu malam, di mana dia dinyatakan meninggal pada saat kedatangan. 

Sulit juga memperkirakan ukuran pasti keluarga Chana. Setidaknya satu laporan mengklaim dia memiliki 39 istri, 94 anak, 33 cucu, dan satu cicit, yang berjumlah 181 orang.

Sementara berbagai laporan berita lokal menyebutnya sebagai pemegang "rekor dunia" untuk sebuah keluarga besar, tidak jelas rekor global yang mana. Juga telah dilaporkan secara luas bahwa keluarga tersebut telah tampil dua kali di acara TV populer Ripley's Believe it or Not.

Chana dan keluarganya telah menjadi sensasi lokal, bahkan hingga berhasil menarik wisatawan ke desa mereka di timur laut India.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daya Tarik Wisata

Keluarga besar itu tinggal bersama di sebuah rumah berlantai empat yang disebut "Chuuar Than Run" atau Rumah Generasi Baru, dengan 100 kamar. 

Istrinya berbagi ruangan di dekat kamar tidur pribadi Chana, menurut media lokal.

Rumah besar itu merupakan daya tarik wisata utama di negara bagian itu, dengan orang-orang dari seluruh dunia memadati desa untuk mengintip gaya hidup keluarga tersebut. 

Menurut Reuters, Chana lahir pada tahun 1945. Dia bertemu dengan istri tertuanya, yang tiga tahun lebih tua darinya, ketika dia berusia 17 tahun.

Keluarga itu merupakan penganut sekte yang didirikan oleh Chana Pawl - yang memiliki sekitar 2.000 pengikut. Mereka semua tinggal di sekitar rumah Chana di Baktawng Tlangnuam, sekitar 55km (34 mil) dari ibu kota Mizoram, Aizawl.

Sekte yang membolehkan poligami bagi laki-laki ini didirikan oleh kakek Chana pada tahun 1942.

3 dari 3 halaman

Infografis Waspada Mutasi Covid-19 Kombinasi Varian Inggris-India

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini