Sukses

Ditanya Soal Israel, Joe Biden Malah Bercanda Ingin Tabrak Wartawan

Liputan6.com, Detroit - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bercanda dengan wartawan ketika ditanya soal Israel. Ia berkata ingin "menabrak" wartawan yang bertanya itu. 

Candaan itu dilontarkan saat Joe Biden sedang menguji mobil listrik Ford di Detroit, Michigan. 

"Mr. Presiden, bisakah saya bertanya pertanyaan singkat tentang Israel karena ini sangat penting?" ujar seorang wartawan, Selasa (18/5) waktu setempat.

"Tidak, kamu tidak bisa, kecuali kamu berdiri di depan mobil saat saya menginjak gasnya," jawab Biden.

"Saya hanya bercanda," ia buru-buru menambahkan.

Percakapan itu terekam di video C-SPAN. Mobil yang sedang dicoba Biden adalah Ford F-150 Lightning. Presiden tertua dalam sejarah AS itu mengaku puas dengan kualitas mobil listrik Ford.

"Barang (mobil) ini cepat," ujar Presiden Biden.

Mobil listrik merupakan program andalan Joe Biden di sektor otomotif. Ia ingin AS menjadi produsen mobil listrik, termasuk batreinya.

2 dari 4 halaman

Joe Biden Restui Gencatan Senjata Israel-Palestina

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden kembali menelepon Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Biden menegaskan sekali lagi bahwa Israel berhak mempertahankan diri.

Berdasarkan pernyataan resmi Gedung Putih, Senin 17 Mei, Joe Biden berkata Israel sedang menghadapi serangan roket yang membabi-buta. Selain itu, Biden mendukung usaha-usaha agar situasi Yerusalem lebih tenang.

Presiden Biden juga mendukung Israel agar mengupayakan berbagai cara untuk memastikan perlindungan rakyat yang tidak bersalah.

Masalah gencatan senjata juga turut dibahas, dan Presiden Biden memberikan restu untuk gencatan senjata. Diskusi sedang berjalan dengan mitra-mitra AS seperti Mesir agar tujuan itu terwujud.

Presiden Biden dan PM Netanyahu turut membahas progres operasi militer Israel melawan Hamas dan "kelompok-kelompok teroris lainnya di Gaza."

Kedua pemimpin juga berjanji akan terus berkomunikasi.

3 dari 4 halaman

Infografis Konflik Israel-Palestina:

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: