Sukses

Respons Kedubes Terkait Pemberitaan Warga India Eksodus ke Indonesia

Terkait pemberitaan soal eksodus WN India ke Tanah Air, ini respons pihak kedutaan besarnya.

Liputan6.com, Jakarta Kedutaan Besar India di Jakarta mengeluarkan pernyataan terkait pemberitaan adanya eksodus WN-nya ke Indonesia, usai ledakan kasus COVID-19 terjadi di negara tersebut.

Lewat pernyataan resmi yang diterima Liputan6.com dari Kedubes India pada Kamis (29/4/2021), semua penumpang yang berasal dari negaranya datang dengan memenuhi persyaratan yang telah diberlakukan oleh pemerintah RI.

"Semua penumpang yang berasal dari India ini membawa dokumen yang sah. Visa Pengunjung, Kitas, Izin Kitap dan mereka semua melakukan perjalanan setelah memenuhi persyaratan yang dipersyaratkan dari maskapai terkait yaitu Garuda Indonesia dan otoritas Indonesia yang bersangkutan," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Dalam pernyataannya, Kedubes India di Jakarta mengatakan baru ada dua penerbangan bolak-balik antara dua negara.

"Sejak kasus virus corona Covid-19 mulai meningkat di India, hampir tiga pekan lalu, baru ada dua penerbangan yang berangkat dari Indonesia dan kembali dari India bersama penumpang."

Saat ditanya mengenai perkembangan lebih lanjut, pihak Kedubes menyebut belum ada imbauan serta pelarangan dari pemerintah India bagi warganya untuk berkunjung ke Indonesia.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laporan Kemenkes RI

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengungkapkan adanya eksodus warga Negara (WN) India ke Indonesia setelah ledakan kasus Covid-19 di negara tersebut.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Doni Monardo pun angkat bicara.

Doni meminta Dirjen Keimigrasian dan Kementerian Luar Negeri bertindak cepat dengan adanya kejadian eksodus warga India ke Indonesia.

"Ini informasi penting bagaimana bisa masuk sementara kita masih melarang, kecuali punya Kitas, selain itu tidak boleh," kata Doni di rapat percepatan penanganan Covid-19 di Gedung Daerah Riau, Kamis, 22 April 2021.

Sementara itu, setidaknya, ada 117 WN India yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Rabu malam, 21 April 2021.

"Mereka menumpang pesawat AirAsia QZ988, dengan rincian pesawat itu membawa 127 penumpang dan kru, 117 diantaranya adalah warga negara India," tutur Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Romi Yudianto, Jumat (23/3/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.