Sukses

Pria di AS Temukan Terowongan dari Abad ke-19 Di Bawah Rumahnya

Trotoar dekat rumah runtuh, ahli sejarah di AS terkejut saat temukan terowongan bawah rumahnya.

Liputan6.com, Illinois - Pria di Illinois, Amerika Serikat (AS), menemukan terowongan bawah tanah di bawah rumahnya.

Dikutip dari NY Post, Rabu (28/4/2021), Gary Machens sangat terkejut saat menemukan terowongan misterius dari abad ke-19 di bawah rumahnya.

Sehabis penemuannya, Machens membawa kru kamera dari Fox 2 St. Louis untuk mengeksplorasi terowangan di bawah rumahnya tersebut.

Ia menemukan terowongan tersebut saat sebagian trotoar dekar rumahnya runtuh dan ia melihat jalan masuk ke dalamnya. "Ada masalah di sini di trotoar dan saat kami melakukan penggalian dan pengemasan ulang batu di sini, kami menemukan terowongan ini di sini,"

Sejarawan yang mengunjungi Machens mengatakan bahwa terowongan tersebut setidaknya berasal dari tahun 1840.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ingin Membuat Tur untuk Publik

Membahas masa lalu rumahnya, Machens mengungkapkan bahwa rumah tersebut memang dapat ditelusuri kembali ke tahun 1890-an.

"Ya, tiga mantan walikota Alton telah tinggal di rumah ini selama bertahun-tahun,” jelasnya.

"Saya tidak tahu apakah ada di antara mereka yang tahu tentang ini. Rumah itu dibangun tahun 1890, terowongannya diyakini dari tahun 1840, jadi sudah ada di sini selama 50 tahun. Untuk apa itu digunakan, saya tidak tahu. Kami punya peta yang berasal dari tahun 1863 dan rumah ini tidak ada di sana dan tidak ada rumah lain di properti ini di sini."

Dalam eksplorasi terowongan tersebut, Machens berteori bahwa terowongan itu bisa saja menjadi bagian dai kereta api bawah tanah, tempat penyimpanan es, atau gudang bawah tanah.

Machens sendiri juga adalah ahli sejarah dan berharap untuk membuka jalan bawah tanah untuk tur jika mendapatkan bantuan kota dengan logistik dan biaya. Namun, untuk saat ini, ia harus memperbaiki trotoar dan menutup pintunya.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini