Sukses

5 Fakta Kristen Gray yang Viral Ajak WNA ke Bali Saat Pandemi COVID-19

Liputan6.com, Denpasar - Akibat perkara ajakan pindah ke Bali di masa pandemi COVID-19, seorang WN Amerika Serikat jadi bulan-bulanan netizen Indonesia di media sosial.

Kristen Gray, mengajak orang lain agar pergi ke Bali dengan sejumlah tips yang ia jual melalui e-book.

Aksinya itu menuai kecaman, dan ada banyak pihak yang menuduhnya telah melakukan pelanggaran terhadap UU Keimigrasian Indonesia. Ancaman deportasi pun kini membayang-bayangi Kristen Gray.

Seperti dikutip dari sejumlah sumber, Selasa (19/1/2021), berikut 5 fakta seputar Kristen Gray:

2 dari 6 halaman

1. Mengaku Travel Blogger dan Content Creator

Saat menginformasikan ajakan pindah ke Bali dengan cara ilegal, Kristen Gray mengaku bahwa ia adalah seorang travel blogger dan content creator -- penyedia konten yang memiliki banyak pengikut dan menginspirasi. Seperti tertuang dalam salah satu akun media sosialnya.

Dengan alasan itulah ia menyampaikan informasi yang kemudian mendapat kecaman, terutama netizen Indonesia.

Menurut informasi yang beredar, ia disebutkan bekerja sebagai desainer grafis. Demi hidup di Bali, Kristen Gray mengaku mendapat skill tersebut selama berada di Pulau Dewata. Bisnis di bidang itu sukses dan membuatnya tumbuh sebagai wirausaha.

3 dari 6 halaman

2. Jatuh Cinta pada Bali

Awalnya, Kristen Gray bercerita di Twitter bahwa ia sudah setahun berada di Bali bersama pasangannya. Mereka awalnya hanya ingin menetap selama enam bulan, tapi Kristen juga ingin jadi wirausaha.

Kristen Gray memuji Bali karena memiliki budaya yang bersahabat, tetapi netizen berkata tindakan Gray tidak layak karena masalah visa, tidak bayar pajak pekerjaan, dan mengajak orang asing melakukan hal serupa di tengah pandemi.

 

4 dari 6 halaman

3. Mengaku Tak Punya Uang

Pada 16 Januari 2021 via Twitter, Gray mengatakan bahwa dirinya tidak punya uang, kesulitan mencari kerja selama 2019, dan saya ingin mencoba kewirausahaan.

Setelah ditolak pekerjaan dan hidup pada tabungan sembari mengembangkan bisnis, ia dan pacarnya memutukan untuk membeli tiket one-way ke Bali, Indonesia.

5 dari 6 halaman

4. Pernah Bekerja di Industri Migas

Lewat kanal YouTube, Kristen bercerita bahwa ia berasal dari Los Angeles. Kekasih Kristen sempat bekerja di industri migas sebagai karyawan kontrak dan menabung hingga US$ 10 ribu agar bisa ke Bali.

Sebelum ke Bali, Kristen memberikan mobilnya ke keluarganya, serta menjual banyak barang-barangnya.

 

6 dari 6 halaman

5. Punya Usaha di Bali

Kristen dan pasangan mengaku bahagia berada di Bali. Ia juga berkata bisnis desain grafisnya sukses dan membuatnya tumbuh sebagai wirausaha.

Kemudian, ia mengaku terdampak pandemi COVID-19 pada Maret 2020. Alhasil, wanita keturunan Afrika-Amerika itu memutuskan menetap di Bali hingga kini.

"Pada Maret, ketika pandemi menyerang dan rencana 6 bulan kami berantakan, kami memutuskan untuk tetap di Bali untuk 'menunggu' dan kami sejak itu berada di sini."