Sukses

Infeksi COVID-19 Tertinggi Kedua Dunia, India Setujui Penggunaan Darurat 2 Vaksin

India mencatat jumlah infeksi tertinggi kedua di dunia, dengan lebih dari 10,3 juta kasus yang dikonfirmasi hingga saat ini. Hampir 150.000 orang meninggal akibatnya.

Liputan6.com, Mumbai - India telah secara resmi menyetujui penggunaan darurat dua vaksin Virus Corona COVID-19.

Otoritas pengaturan obat di negara tersebut memberikan lampu hijau pada vaksin yang dikembangkan oleh AstraZeneca dengan Universitas Oxford dan oleh firma lokal Bharat Biotech.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyebutnya sebagai "titik balik yang menentukan", demikian dikutip dari laman BBC, Senin (4/1/2021).

India berencana memasukkan sekitar 300 juta orang dalam daftar prioritas tahun ini.

Negara ini juga mencatat jumlah infeksi tertinggi kedua di dunia, dengan lebih dari 10,3 juta kasus yang dikonfirmasi hingga saat ini. Hampir 150.000 orang meninggal akibatnya.

Pada Sabtu kemarin, India mengadakan latihan nasional untuk mempersiapkan lebih dari 90.000 petugas kesehatan guna memberikan vaksin di seluruh negeri, yang berpenduduk 1,3 miliar orang.

Badan Pengawas Obat India mengatakan, kedua produsen telah menyerahkan data yang menunjukkan bahwa vaksin mereka aman digunakan.

Namun, politisi oposisi dan beberapa dokter mengkritik kurangnya transparansi dalam proses persetujuan.

Dr Swapneil Parikh, seorang peneliti penyakit menular yang berbasis di Mumbai, India mengatakan kepada BBC bahwa para dokter berada dalam posisi yang sulit.

"Saya mengerti ada kebutuhan untuk melalui proses dengan cepat, menghilangkan hambatan regulasi," katanya.

"Namun, pemerintah dan regulator berkewajiban untuk transparan tentang data yang telah mereka kaji dan proses yang terlibat dalam pengambilan keputusan untuk mengotorisasi vaksin, karena jika mereka tidak melakukan ini, dapat memengaruhi kepercayaan publik,"

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelemahan Vaksin Pfizer / BioNTech

Vaksin Oxford AstraZeneca diproduksi secara lokal oleh Serum Institute of India, produsen vaksin terbesar di dunia. Ia mengatakan itu menghasilkan lebih dari 50 juta dosis sebulan.

Adar Poonawalla, CEO perusahaan, mengatakan kepada BBC pada November bahwa ia bertujuan untuk meningkatkan produksi hingga 100 juta dosis sebulan setelah menerima persetujuan regulasi.

Vaksin yang dikenal sebagai Covishield di India, diberikan dalam dua dosis yang diberikan antara empat dan 12 minggu.

Ini dapat disimpan dengan aman pada suhu 2 derajat Celcius hingga 8 derajat Celcius.

Hal ini memudahkan pendistribusian dibandingkan beberapa vaksin lainnya. Vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer / BioNTech - yang saat ini dikelola di beberapa negara - harus disimpan pada suhu -70 derajat Celcius dan hanya dapat dipindahkan beberapa kali.

Jika menggunakan Pfizer, ini adalah tantangan khusus di India, di mana suhu musim panas dapat mencapai 50 derajat Celcius.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.