Sukses

Retno Marsudi: Menlu AS Mike Pompeo Kunjungi Indonesia Minggu Depan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengonfirmasi bahwa Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo akan berkunjung ke Indonesia minggu depan.

"Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo akan berkunjung ke Indonesia minggu depan," ujar Menlu Retno Marsudi dalam press briefing secara virtual, Kamis (22/10/2020).

"Persiapan terus dibahas begitu pula dengan pertemuan saya dengan Duta Besar Amerika Serikat yang baru yaitu Sung Kim," tambahnya.

Dalam pernyataannya, Menlu Retno membocorkan sejumlah agenda Mike Pompeo saat berkunjung ke Indonesia. Salah satunya menghadiri forum pemuda Islam.

"Selain membahas hubungan bilateral, Mike Pompeo juga akan hadir pada forum pemuda ansor yang akan membahas masalah agama dan peradaban," kata Menlu.

Bagi Indonesia, dijelaskan oleh Retno Marsudi bahwa Amerika Serikat adalah mitra penting. Hubungan kedua negara digambarkan semakin kokoh.

Selain itu, hubungan kedua negara juga saling menguntungkan dan saling menghormati. Retno Marsudi juga menyebutkan bahwa komitmen kuat kini tercermin dari saling kunjung kedua negara.

Salah satunya yang terbaru adalah kunjungan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto ke Amerika Serikat. Retno Marsudi juga optimis kelancara kunjungan Mike Pompeo ke Tanah Air.

"Saya yakin pembicaraan saya dengan Mike Pompeo akan baik dan memperkokoh hubungan Indonesia dan Amerika Serikat," jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

Tak Hanya Indonesia

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan melakukan perjalanan ke India, Sri Lanka, Maladewa dan Indonesia pada 25 sampai 30 Oktober.

Dalam keterangan pers dari situs US Department of State, di New Delhi, Pompeo dan Menteri Pertahanan Mark T. Esper dan rekan-rekan India akan memimpin Dialog Tingkat Menteri 2 + 2 tahunan AS-India yang ketiga untuk memajukan Kemitraan Strategis Global Komprehensif AS-India.

Selain itu juga memperluas kerja sama untuk mempromosikan stabilitas dan kemakmuran di Indo-Pasifik dan dunia.

Menteri Luar Negeri Pompeo akan melakukan perjalanan ke Kolombo untuk menggarisbawahi komitmen Amerika Serikat pada kemitraan dengan Sri Lanka yang kuat dan berdaulat dan untuk memajukan tujuan bersama untuk kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Setelah itu, Menteri Luar Negeri Pompeo akan melakukan perjalanan ke Malé untuk menegaskan kembali hubungan bilateral yang erat dan memajukan kemitraan kami dalam berbagai masalah mulai dari keamanan maritim regional hingga perang melawan terorisme.

Sekretaris akan melakukan perjalanan ke Jakarta untuk menyampaikan sambutan publik dan bertemu dengan mitranya dari Indonesia untuk menegaskan visi kedua negara tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan di bawah ini: