Sukses

Yuk Daftar Beasiswa Chevening 2020 ke Inggris hingga 3 November, Ini Keuntungannya

Liputan6.com, Jakarta - Anda yang tertarik dengan beasiswa dari pemerintah Inggris, Chevening, jangan lupa batas waktu pendaftarannya akan segera berakhir.

"Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan mendaftar beasiswa ini. Jadi, jika Anda berpikir bahwa Anda memiliki kemampuan untuk menjadi seorang penerima beasiswa Chevening, saya mendorong Anda untuk mendaftar sebelum batas waktu 3 November," ujar Duta Besar Kerajaan Inggris Raya untuk Indonesia dan Timor-Leste, Owen Jenkins.

Beasiswa Chevening adalah program beaiswa global dari Pemerintah Inggris Raya untuk Indonesia, Program ini dibuka pada 3 September dan berakhir pada 3 November 2020.

Beasiswa ini diberikan kepada Individu yang dapat menunjukkan bahwa mereka memiliki komitmen dan keterampilan yang diperlukan untuk menciptakan perubahan positif, dan dapat menunjukkan bagaimana gelar S2 dari Inggris akan membantu mereka dalam mencapai hal tersebut.

Keuntungan dari Beasiswa Chevening ini adalah menawarkan dukungan finansial penuh bagi para pemimpin masa depan untuk gelar S2 di universitas mana pun di Inggris. Selain itu juga mendapatkan akses ke berbagai pengalaman akademis, profesional, dan budaya.

"Pengalaman Chevening tidak hanya sekadar gelar S2. Selain pengalaman universitas yang menantang dan memuaskan secara akademis, kami akan membuat Anda mengalami budaya Inggris bersama dengan komunitas Chevening," Direktur Chevening, Miranda Thomas mengatakan seperti tertuang dalam pernyataan tertulisnya yang dikutip Sabtu (17/10/2020). 

"Kami akan mengadakan acara dan kegiatan eksklusif, sehingga Anda dapat merasakan warisan dan sejarah Inggris, mendiskusikan kebijakan internasional, dan berinteraksi dengan figur-figur di berbagai acara akademik, budaya, dan sosial. Sebelumnya, para mahasiswa berkesempatan mengunjungi kediaman Perdana Menteri Inggris di 10 Downing Street, mendaki Gunung Snowdon di Wales, memamerkan seni di galeri London, magang di BBC dan duduk di ruang ganti Anfield," tambahnya.

"Anda akan belajar melalui interaksi dengan orang-orang dari seluruh dunia, berkeliling di Inggris Raya, dan terlibat dalam komunitas tempat Anda tinggal. Anda diharapkan untuk mengatur pembelajaran Anda sendiri, menunjukkan pemikiran mandiri, dan mengejar pengalaman baru. Mereka yang mendapatkan hasil maksimal dari Chevening adalah mereka yang memanfaatkan pengalamannya secara maksimal."

"Beasiswa Anda akan bertahan selama setahun, tetapi Anda akan menjadi bagian dari komunitas Chevening seumur hidup. Harapan kami adalah pada saat Anda meninggalkan Inggris, Anda akan terinspirasi, termotivasi, dan lebih siap untuk mewujudkan ide Anda sendiri," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Siapa Saja Bisa Dapat Mengikuti Program Beasiswa Chevening

Kepala Beasiswa di Kementerian Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan Inggris (FCDO), Naomi Rayner mengatakan para peserta beasiswa Chevening memiliki kontribusi besar.

"Di Inggris, kami bangga dengan universitas-universitas kami yang berkelas dunia dan memiliki lingkungan belajar yang kaya oleh keragaman budaya, pengalaman, dan sudut pandang. Pelajar-pelajar Chevening memberikan kontribusi yang signifikan bagi komunitas ini, serta menjadi bagian penting dari jaringan kami yang terdiri lebih dari 50.000 alumni," tutur Naomi Rayner.

Sementara itu, Duta Besar Kerajaan Inggris Raya untuk Indonesia dan Timor-Leste, Owen Jenkins mengatakan beasiswa Chevening adalah program yang tepat bagi mereka yang ingin mendorong perubahan jadi sosok terbaik.

"Jika Anda adalah seseorang yang bersemangat untuk mendorong perubahan, baik secara lokal maupun global; Jika Anda ingin menjadi yang terbaik dalam apa yang Anda lakukandan memiliki imajinasi untuk menginspirasi orang lain, maka beasiswa Chevening dapat menjadi kesempatan yang tepat untuk Anda, " tegas Dubes Owen Jenkins.

Menurut Dubes Jenkins, tidak ada yang namanya mahasiswa 'tipikal'. Usia, ras, jenis kelamin, agama, dan latar belakang budaya tidak ada masalahnya. Siapapun bisa ikut Beasiswa Chevening 2020 ini.

"Kami ingin melihat bahwa Anda memiliki energi, rasa ingin tahu, visi yang jelas untuk masa depan Anda, dan kemampuan untuk mencapai tujuan Anda. Jika ini terdengar seperti kualitas di diri Anda, maka kemungkinan besar Anda akan cocok dengan komunitas kami yang terdiri lebih dari 50.000 alumni di seluruh dunia. Jaringan alumni kami penuh dengan influencer dinamis yang akan berbagi pengalaman yang sama. Mereka dapat menawarkan dorongan, bimbingan, nasihat, dan jaringan".

"Ketika Anda kembali ke rumah setelah studi Anda, Anda akan merasa siap untuk mulai membuat perbedaan nyata secara profesional atau sosial," pungkas Dubes Owen Jenkins.

Sekilas Tentang Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening adalah program beasiswa global Pemerintah Inggris Raya, yang didanai oleh Kementerian Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan (FCDO) danorganisasi-organisasi mitra. Beasiswa ini mendukung studi di universitas-universitas Inggris – sebagian besar selama satu tahun dalam mendapatkan gelar S2 - untuk individudengan potensi menjadi pemimpin masa depan, pembuat keputusan, dan pembentuk opini.

Sejak program ini diluncurkan pada tahun 1983, lebih dari 50.000 profesional mendapatkan kesempatan untuk berkembang di Inggris melalui Chevening. Ada lebih dari 1.500 beasiswa yang ditawarkan di seluruh dunia untuk tahun akademik 2021/2022, hal ini menunjukkan bahwa komitmen Inggris untuk mengembangkan para pemimpin masa depan.

Sebelumnya, 51 penerima beasiswa dari Indonesia dan Timor-Leste sudah terpilih untuk melanjutkan studi mereka di perguruan tinggi Inggris tahun ini (2020-2021). Mereka yang berhasil mendapatkan beasiswa ini telah membagikan cerita mereka melalui tagar #ChosenForChevening di Twitter dan Instagram.

Ada banyak lagi keuntungan jika Anda mendaftarkan diri Anda di Beasiswa Chevening 2020 ini, jadi jika Anda ingin mendaftarkan diri silahkan berkunjung ke laman http://www.chevening.org/apply  

Pendaftaran Beasiswa Chevening ini akan berakhir pada 3 November 2020.

Reporter : Romanauli Debora

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: