Sukses

5 Bahan Makanan Ampuh Buang Racun Bagi Perokok Berat

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu penyakit yang menjadi ancaman bagi seorang perokok berat adalah kanker paru-paru. Sebab, setiap isapan rokok yang dilakukan, ada banyak racun yang masuk dalam tubuh.

Organ yang paling terancam oleh ini semua adalah paru-paru. Bagi perokok berat yang sudah berencana untuk berhenti merokok, Anda bisa menggunakan sejumlah bahan makanan ini untuk membuang racun.

Racun dalam paru-paru yang selama ini menumpuk sedikit demi sedikit bisa dibuang lewat makanan yang diyakini bisa membuang racun bagi para perokok berat.

Seperti dikutip dari laman Manipalhospitals.com, Senin (12/10/2020), berikut 5 bahan makanan yang bisa membuang racun bagi perokok berat:

 

2 dari 6 halaman

1. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-peradangan yang membantu mengeluarkan racun dari saluran pernapasan. Jahe juga mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk kalium, magnesium, beta-karoten dan seng, dan sebagai bonus tambahan, membantu membumbui hidangan hambar.

Ekstrak jahe diketahui dapat membunuh sel kanker paru-paru. Anda bisa menambahkan jahe ke banyak masakan sebagai ramuan atau mengkonsumsinya dalam bentuk teh dan makanan lainnya.

 

3 dari 6 halaman

2. Kunyit

Bumbu rempah berwarna kuning cerah ini dapat membantu tubuh membakar lemak secara lebih efektif. Menurut sebuah studi pada tahun 2009 oleh Tufts University, ditemukan fakta bahwa tikus yang diberi curcumin --bahan aktif dalam kunyit-- kehilangan lebih banyak lemak daripada mereka yang melakukan diet tanpa zat itu.

Selain mampu menurunkan berat badan, kunyit juga punya manfaat yang sama seperti jahe guna membuang racun pada perokok aktif.

Kunyit membantu membersihkan paru-paru kita, berkat sifat anti-peradangan yang terkandung di dalamnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin, yang bertindak sebagai agen antibiotik yang kuat dan membantu mengatasi infeksi pernapasan yang menyumbat paru-paru kita.

Bawang putih juga bisa membantu mengurangi peradangan, meningkatkan asma dan mengurangi risiko kanker paru-paru.

 

5 dari 6 halaman

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang berperan dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Teh hijau melindungi kita dari kanker dan menghilangkan cairan dari paru-paru kita. Herbal yang ada dalam teh hijau membantu melonggarkan lendir dari lapisan paru-paru dan bersifat antimikroba.

 

6 dari 6 halaman

5. Apel

Apel adalah salah satu buah-buahan yang sangat enak untuk dikonsumsi. Selain rasanya yang enak, apel juga bisa membuat Anda terhindar dari bahaya kanker.

Apel mengandung berbagai macam flavonoid, vitamin dan antioksidan, terutama vitamin C yang membantu kita dalam memerangi penyakit paru-paru secara efektif.