Sukses

8 Negara dengan Angka Perokok Paling Banyak di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan rokok Reynolds American Inc. AS: RAI mengalami kerugian hingga 23,6 miliar dolar AS setelah pengadilan di Florida memutuskan perusahaan itu bertindak lalai dalam memasarkan produk tembakau.

Perusahaan itu telah digugat seorang janda yang mengklaim perusahaan tersebut gagal memberi tahu suaminya tentang sifat tembakau yang menyebabkan kanker.

Hampir 20 persen dari populasi orang dewasa dunia merokok, menurut TobaccoAtlas.org. Perokok mengkonsumsi hampir 5,9 triliun rokok pada tahun 2009 (tahun di mana data terbaru tersedia), mewakili peningkatan 13% dalam konsumsi rokok dalam dekade terakhir.

Tak bisa dipungkiri bahwa rokok sangat membuat manusia candu. Lalu, negara manakah dengan penduduk berstatus perokok paling aktif di dunia?

Inilah 8 negara dimana rokok paling banyak dikonsumsi per kapita, seperti dikutip dari laman marketwatch.com, Senin (8/7/2019):

 

2 dari 8 halaman

1. Serbia

Konsumsi rokok per kapita: 2861.

Pada 2010, Serbia memberlakukan langkah-langkah anti tembakau ketat -- aturan yang paling ketat di negara Balkan.

Dimana sekitar 33,6 persen orang dewasa merokok. Bahkan, seorang penumpang merokok sambil menunggu kereta di Beograd. Itu adalah bukti bahwa rokok telah membuat orang candu.

 

3 dari 8 halaman

2. Bulgaria

Konsumsi rokok per kapita: 2.822.

Penampakan orang yang merokok di depan Teater Nasional di pusat Sofia itu sudah biasa.

Bulgaria memberlakukan larangan merokok penuh di semua ruang publik tertutup termasuk bar dan restoran.

 

4 dari 8 halaman

3. Yunani

Konsumsi rokok per kapita: 2.795.

Yunani menduduki peringkat ketiga dalam hal konsumsi rokok perkapita tertinggi. Meski sedang dilanda krisis pun negara ini tak mempengaruhi urusan rokok di kalangan masyarakat.

 

5 dari 8 halaman

4. Rusia

Konsumsi rokok per kapita: 2.786.

Rusia yang merupakan negara besar juga masuk dalam daftar lima besar, tepatnya berada diurutan keempat.

Penampakan orang yang merokok di tempat umum pun sudah sangat biasa. Bahkan di lokasi-lokasi penting seperti monumen dan landmark lainnya.

 

6 dari 8 halaman

5. Moldova

Konsumsi rokok per kapita: 2.479.

Di seluruh dunia, 48 persen dari konsumsi rokok dunia berada di Pasifik Barat pada 2009, 24 persen di Eropa dan 11 persen di Amerika.

Dari angka 24 persen tersebut sudah terhitung perokok dari Moldova. Moldova adalah negara yang terletak di antara Rumania dan Ukraina, di Eropa Timur.

Negara ini menduduki peringkat kelima dalam daftar ini.

7 dari 8 halaman

6. Ukraina

Konsumsi rokok per kapita: 2.401.

Ketika tingkat konsumsi terus meningkat di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, negara-negara ini akan mengalami sejumlah penyakit dan kematian terkait tembakau yang tidak proporsional.

Ukraina masuk dalam daftar tersebut. Negara ini masih masuk dalam benua Eropa.

8 dari 8 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: