Sukses

Petugas Kebersihan Menang Pilkada di Rusia, Kalahkan Kandidat Vladimir Putin

Tak disangka, petugas kebersihan ini menang pemilihan lokal mengalahkan kandidat yang diunggulkan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Liputan6.com, Kostroma - Seorang petugas pembersih telah mengalahkan kandidat Vladimir Putin dalam pemilihan lokal atau pilkada (pemilihan kepala daerah) di Rusia, setelah tawaran untuk mencurangi pemilihan itu telah menjadi bumerang.

Kepala distrik pedesaan Povalikha yang sedang menjabat, Nikolai Loktev, memilih petugas pembersihnya untuk melawannya 'untuk memberikan kesan palsu tentang kontes nyata'.

Marina Udgodskaya tidak berkampanye, tetapi dia masih dengan mudah menang 62% suara karena penduduk setempat mengusir mantan polisi Loktev (58), seorang loyalis di partai yang berkuasa pro-Putin, Rusia Bersatu.

Dikutip dari DailyMail, Selasa (29/9/2020), wanita berusia 35 tahun itu sekarang merasa terkejut dan tidak siap untuk menyapu sapu barunya melalui politik di pos terpencil ini.

"Saya tidak mencalonkan diri sendiri. Nikolai Loktev bertanya padaku. Tidak ada orang lain dan saya seperti kandidat palsu," akunya kepada media Podyom.

Dia ada di sana sebagai kandidat 'teknis' atau antek, pecundang, katanya, untuk memberikan penampilan kompetisi yang nyata, taktik yang tidak biasa di Rusia.

"Saya ingin membantunya (memberikan tampilan jajak pendapat yang diperebutkan). Jadi hanya ada dia dan saya di surat suara. Saya tidak berpikir bahwa mereka akan memilih saya, saya tidak mengharapkan perubahan seperti itu sama sekali," jelasnya.

Setelah membersihkan kantor politisi Loktev selama lima tahun, dia pada 1 Oktober akan mengambil alih jabatan barunya dan bertanggung jawab atas 155 mil persegi wilayah Kostroma.

"Saya harus menjabat, dan kemudian kekuasaan akan diberikan kepada saya," katanya lagi.

 

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pahlawan Bagi Politikus Anti-Putin

Terlepas dari keengganannya, Marina Udgodskaya telah menjadi pahlawan tak terduga bagi politisi anti-Putin di Rusia.

Politikus oposisi Dmitry Gudkov memposting bahwa pemilih sekarang siap untuk mendukung siapa pun kecuali kandidat berkuasa yang patuh kepada Kremlin.

"Orang-orang siap memilih siapa pun. Tidak masalah siapa Anda berdasarkan profesi, atau pengalaman apa yang telah Anda miliki. Sebagai permulaan, Anda tidak perlu mencuri dan berbicara kepada orang-orang. Anda akan dihormati jauh lebih tinggi daripada orang Rusia Bersatu mana pun," kata Dmitry Gudkov.

Dmitry Gudkov mengatakan Marina Udgodskaya: 'Saya kira jika Anda mencoba pemilihan presiden, Anda juga akan menang di sana. Karena 20 tahun kediktatoran membawa satu keinginan bersama - untuk perubahan. Perubahan apapun."

"Dan kamu, Marina, pasti tidak akan menggunakan Novichok. Dan ini adalah keuntungan besar," pungkas Dmitry Gudkov.

 

Reporter : Romanauli Debora

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.