Sukses

Olahraga hingga Istirahat Cukup, Ikuti 5 Tips Ini untuk Cegah Rambut Cepat Beruban

Liputan6.com, Jakarta - Rambut beruban adalah proses normal yang dialami oleh setiap orang.

Faktor usia tentu menjadi faktor utama dalam proses munculnya uban pada manusia. 

Kendati demikian, banyak orang muda yang memiliki uban di usia dini. Maka dari itu, penting untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan agar uban tak tumbuh di usia yang masih muda. 

Untuk sampai ke akar rambut beruban, pertama-tama penting untuk memahami anatomi rambut. Menurut Lisa Tan, Managing Director (Singapura) dari Ales Group, setiap akar rambut memiliki sel papilla dermal yang menentukan pembentukan dan siklus hidup rambut.

Melanosit pada sel-sel ini menghasilkan dan mendistribusikan melanin (pigmen yang menentukan warna rambut alami kita) yang kemudian ditransfer ke keratinosit yang membentuk sel-sel di batang rambut.

“Proses beruban, juga dikenal sebagai canities, disebabkan oleh hilangnya warna rambut, yang juga berarti bahwa melanosit tidak memproduksi melanin sebanyak sebelumnya, oleh karena itu mereka tidak dapat mentransfer melanin ke kerinosit. Ketika ini terjadi, rambut Anda tampak menjadi abu-abu atau putih," jelas Tan.

"Genetika berperan ketika uban mulai dengan tanda-tanda umum yang terlihat selama usia paruh baya," kata Peggy Goh, Trichologist Utama di DRx Medispa.

"Gen juga menyumbang sekitar 30 persen rambut yang mulai memutih, dengan sisanya 70 persen karena faktor-faktor lain seperti gaya hidup yang tidak sehat, stres oksidatif, kondisi medis yang mendasari, kekurangan gizi serta produk dan layanan yang menggunakan bahan kimia berbahaya," jelasnya lagi.

Mengutip laman Channel News Asia, Kamis (4/8/2020), berikut adalah 5 tips untuk mencegah rambut beruban secara dini:

2 dari 6 halaman

1. Makan Makanan Sehat

“Diet kaya antioksidan bisa mengurangi stres oksidatif. Misalnya, makanan laut, telur, dan daging adalah sumber vitamin B-12 yang baik, dan susu, salmon, dan keju adalah sumber vitamin D yang sangat baik, ”kata Tan.

Mengkonsumsi lebih banyak makanan kaya antioksidan seperti sayuran dan buah-buahan juga dapat membantu mencegah rambut beruban.

Goh menyarankan menghindari gula olahan dan olahan.

"Konsumsilah seluruh makanan di mana dan kapan saja, dan makanan yang bebas dari pestisida, herbisida, dan fungisida," tambahnya.

3 dari 6 halaman

2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga yang konsisten dapat membantu mencegah penuaan dengan menjaga sirkulasi darah Anda berjalan dan memastikan bahwa fungsi tubuh Anda sehat.

4 dari 6 halaman

3. Miliki Waktu Tidur Berkualitas

Tidur nyenyak yang cukup serta meluangkan waktu untuk bersantai akan membantu tubuh Anda meremajakan dan berkontribusi pada kesehatan rambut.

5 dari 6 halaman

4. Lakukan Perawatan Rambut

Goh menyarankan menggunakan produk perawatan rambut yang bebas dari bahan-bahan keras seperti paraben, sodium lauryl sulfate (SLS) dan sodium laureth sulfate (SLES), dan juga untuk menghindari pencucian rambut yang berlebihan.

“Perhatikan produk yang Anda gunakan untuk mencuci, mewarnai, dan menata rambut Anda. Sampo dan cairan pemutih yang keras dapat menyebabkan kerusakan dan rambut putih secara dini," kata Tan.

6 dari 6 halaman

5. Berhenti Merokok

"Merokok memiliki efek buruk pada tubuh dan berkontribusi pada rambut putih," kata Tan.

Perokok diketahui memiliki peluang lebih tinggi untuk memiliki uban lebih cepat.