Sukses

Bukan dengan Odol atau Cuka, Ini 5 Tips Merawat Perhiasan Agar Tetap Berkilau

Liputan6.com, Jakarta - Harga perhiasan  tentu tidak murah. Jika dibeli sebagai sebuah barang investasi, Anda akan mengharapkannya dapat bertahan selamanya atau setidaknya untuk waktu yang sangat lama.

Asumsi itu dapat berubah menjadi kenyataan jika Anda memberikan perawatan dan pemeliharaan yang mereka butuhkan.

Seperti banyak objek mewah lainnya, perhiasan membutuhkan pembersihan yang baik setiap saat, dan juga “servis” secara teratur sehingga segala kerusakan dapat diperbaiki atau bahkan dicegah agar tidak terjadi. 

Selain itu, sedikit perhatian diterapkan pada bagaimana Anda mengenakan berlian, permata, dan mutiara Anda akan membantu menjaga kecantikan mereka.

Anda akan menghargai pentingnya perawatan perhiasan lebih dari itu ketika terkait soal benda-benda sentimental seperti cincin kawin.

Melansir laman Channel News Asia, Kamis (30/7/2020), inilah yang perlu Anda lakukan untuk menjaga perhiasan Anda yang paling berharga dalam kondisi sempurna:

2 dari 6 halaman

1. Gunakan Perhiasan Paling Akhir

Selalu oleskan lotion, parfum, atau hairspray sebelum mengenakan perhiasan Anda, agar logam tidak bersentuhan dengan zat-zat seperti alkohol, yang dapat menodai, menimbulkan korosi, atau bahkan menyebabkan retakan pada aksesori berharga Anda.

3 dari 6 halaman

2. Jangan Dipakai saat Tidur dan Mandi

Ketika Anda mandi sambil mengenakan perhiasan, Anda mengeksposnya terhadap uap dan kelembaban, bersama dengan zat emolien lainnya di perlengkapan mandi Anda, yang dapat menurunkan logam dari waktu ke waktu atau menumpulkan kilau permata berharga seperti berlian.

Tidur dengan perhiasan Anda juga merupakan hal yang harus dihindari. 

4 dari 6 halaman

3. Jangan Gunakan Perhiasan saat Melakukan Aktivitas Berat

Jelas, jangan memakai perhiasan Anda saat berenang atau melakukan treadmill di gym. Tinggalkan aksesoris Anda di rumah atau di loker Anda ketika Anda melakukan aktivitas olahraga apa pun yang membuat Anda berkeringat.

Lepaskan cincin Anda saat melakukan memanggang atau memasak yang membutuhkan pengaduk atau pencampuran bahan dengan tangan Anda. Tak perlu dikatakan bahwa segala macam kuman jahat bisa bersembunyi di sudut dan celah cincin Anda. Terlebih lagi, bahan-bahannya dapat dengan mudah tersangkut di dalam celah perhiasan, yang sulit untuk dihilangkan secara menyeluruh.

5 dari 6 halaman

4. Simpan dengan Baik

Ada alasan mengapa kotak kulit kerang yang mewah selalu disediakan dengan pembelian perhiasan yang bagus - ini memberikan penyimpanan terbaik untuk aksesori berharga Anda.

Jangan pernah menyimpan banyak barang dalam kotak atau tas atau biarkan perhiasan Anda terbaring di permukaan yang keras - abrasi akan menyebabkan goresan pada permukaan yang mengkilap. Simpan perhiasan di dalam kantong atau wadah lunak dengan lapisan lembut.

6 dari 6 halaman

5. Bersihkan dengan Sabun

Jangan membersihkan perhiasan Anda dengan pasta gigi, cuka atau soda kue - tiga zat yang populer dikatakan membersihkan dengan cepat.

Barang-barang rumah tangga ini mungkin dapat menghilangkan kotoran secara efektif tetapi bisa terlalu keras pada perhiasan halus.

Jika Anda ingin membersihkan perhiasan di rumah, solusi sederhananya adalah mencampur air yang dicampur dengan beberapa tetes sabun pencuci piring ringan sudah cukup.

Rendam perhiasan di dalamnya selama lima hingga 10 menit dan kemudian bersihkan permukaan dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan kotoran yang terjebak di celah-celah kecil. Bilas dengan air, lalu bersihkan uap lembab dengan kain lembut dan letakkan perhiasan di atas kain kering agar kering sepenuhnya sebelum disimpan.