Sukses

Inovasi Baru, Arab Saudi Kini Punya Rumah Sakit Khusus Unta

Terbesar di dunia, Arab Saudi kini memiliki rumah sakit khusus untuk unta. Difasilitasi penelitian modern untuk mendiagnosis penyakit yang dialami unta.

Liputan6.com, Riyadh - Rumah sakit unta terbesar di dunia di Buraidah, Arab Saudi telah diresmikan oleh Gubernur Provinsi Qassim, Pangeran Faisal bin Mishaal, beberapa hari lalu.

Dikutip dari Arab News, Rabu (8/7/2020), rumah sakit yang dinamai Rumah Sakit Salam Veterinary itu difasilitasi penelitian modern untuk mendiagnosis penyakit yang dialami unta.

Pembangunan untuk rumah sakit yang dananya mencapai 100 juta riyal Arab Saudi atau setara Rp. 383,3 miliar itu, yang menurut Gubernur Faisal bin Mishaal, merupakan pencapaian nasional. 

Tidak tangung-tanggung, rumah sakit itu juga dilengkapi dengan peralatan laboratorium khusus yang modern, yang dapat digunakan untuk melakukan lebih dari 160 jenis analisis. 

Selain mampu menampung kapasitas hingga 4 ribu unta, rumah sakit seluas 70.000 meter persegi tersebut juga memfasilitasi ICU, unit CT scan, dan ruang bedah.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan Jumlah Kelahiran Unta

Salah satu tujuan dibuatnya rumah sakit untuk unta itu adalah agar jumlah kelahiran hewan tersebut dapat ditingkatkan, yang secara tradisional lamban dan sedikit jumlahnya, yang prosesnya berkisar antara 25 hingga 30 tahun.

Dalam setiap musim, jumlah anak unta yang dihasilkan hanya sebanyak 7 ekor. Maka dari itu, dengan kehadiran rumah sakit ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan tingkat kelahiran unta menjadi 700 ekor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.