Sukses

Bantu Cegah Penyebaran Corona COVID-19, KBRI DC Bagikan Ribuan Masker

Inisiatif pemberian masker yang juga merupakan bagian dari program komprehensif KBRI Washington, D.C. untuk menangani dampak pandemi Corona COVID-19.

Liputan6.com, Washington DC - Sebagai salah satu upaya untuk membantu pencegahan penyebaran Corona COVID-19, sekaligus sebagai wujud kepedulian dan semangat gotong-royong untuk saling membantu menghadapi pandemi, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington, D.C. memberikan bantuan ribuan masker kepada masyarakat, pelajar, dan diaspora Indonesia di Amerika Serikat (AS).

Inisiatif pemberian masker yang juga merupakan bagian dari program komprehensif KBRI Washington, D.C. untuk menangani dampak pandemi Corona COVID-19 tersebut dilakukan sebagai respons atas kondisi semakin terbatasnya ketersediaan masker di AS, demikian disebutkan dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com dari KBRI Washington D.C, Minggu (10/5/2020).

Baik yang dijual langsung di toko maupun secara online, akibat permintaan yang melonjak drastis sejak merebaknya wabah virus korona.

"Sudah menjadi tugas dan komitmen kami untuk bersama-sama membantu masyarakat Indonesia di Amerika Serikat, terlebih di tengah kondisi pandemi saat ini. Pemberian masker ini bertujuan untuk membantu melindungi kesehatan WNI, serta sejalan dengan kebijakan Pemerintah AS yang secara resmi merekomendasikan penggunaan masker di tempat-tempat umum maupun saat melakukan aktivitas di luar rumah," ujar Iwan Freddy Hari Susanto, Wakil Duta Besar/Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Washington, D.C.

Menariknya, diantara masker yang dibagikan oleh KBRI Washington, D.C. tersebut ada sebagian yang bermotif batik, yang khusus diproduksi oleh masyarakat Indonesia di Washington DC dan sekitarnya.

"Kami juga membeli masker-masker yang diproduksi masyarakat Indonesia di sini, sebagai salah satu upaya memberdayakan dan membantu perekonomian sebagian masyarakat kita yang terdampak," terang Iwan.

Pemberian bantuan masker tersebut melibatkan organisasi-organisasi masyarakat Indonesia di Washington DC dan sekitarnya sebagai pusat pendataan penerima dan titik pendistribusian.

"Kami bekerjasama erat dengan simpul-simpul masyarakat untuk need assessment dan pendistribusian. Sebagian besar kita sampaikan secara langsung, namun untuk daerah yang jauh, seperti Richmond, Virginia, akan dikirimkan melalui pos," terang Theodorus Satrio Nugroho, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Corona COVID-19 KBRI Washington, D.C.

"Hampir 2.000 masker kita bagikan untuk sekitar 2.000 orang WNI dan Diaspora Indonesia yang tinggal di daerah-daerah sekitar Washington, DC. Karena langka sekali saat ini ketersediaannya, kami memilih masker berbahan kain agar dapat dipakai berulang untuk waktu yang cukup lama dalam mengatasi pandemi Corona COVID-19 ini," sambung Theo.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Positif

Inisiatif kegiatan pembagian masker tersebut mendapatkan apresiasi positif. Salah satunya adalah Sofi Danny, seorang WNI yang berdomisili di Maryland.

"Alhamdulillah. Terima kasih sekali KBRI. Masker ini sangat bagus dan berguna. Pas sekali dengan kebutuhan kami sekarang ini," ujarnya ketika menerima langsung bantuan masker di kediamannya.

Sejak wabah Corona COVID-19 melanda AS, KBRI Washington, D.C. telah melaksanakan sejumlah program yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat Indonesia di wilayah DMV yang terdampak pandemi Corona COVID-19. Selain pemberian masker, sebanyak 112 paket sembako sehat juga telah diberikan kepada para WNI terdampak sampai dengan periode April 2020.

Selain itu, guna memantau kesehatan para WNI lansia dan kelompok rentan, KBRI Washington, D.C. juga melakukan kegiatan pemantauan kesehatan berkesinambungan secara daring, memberikan bantuan alat pengukur suhu (termometer), serta melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan secara virtual bekerja sama dengan beberapa organisasi kemasyarakatan dan asosiasi profesi kesehatan di Indonesia, antara lain KOWANI, Pita Putih Indonesia, dan Ikatan Psikologi Klinis Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.