Sukses

Jelang Natal, Pangeran Philip Pulang dari 4 Malam Perawatan di Rumah Sakit

Pangeran Philip sudah dibolehkan pulang setelah menjalani perawatan selama empat hari. Ia menuju Norfolk dari London untuk merayakan Natal bersama keluarga.

Liputan6.com, London - Pangeran Philip, suami dari Ratu Elizabeth II, dibolehkan pulang dari rumah sakit King Edward VII di London, setelah menjalani perawatan selama empat malam. Sebelumnya pada 20 Desember 2019, ia disarankan oleh dokternya untuk dibawa ke rumah sakit.

Dilaporkan BBC, Selasa (24/12/2019), Pangeran Philip pulang dari rumah sakit pada Selasa pagi waktu setempat. Ia dilarikan ke rumah sakit untuk berjaga-jaga atas kondisi kesehatannya, namun pihak Istana Buckingham tidak mendetail penyakit apa yang tengah diderita suami Ratu Elizabeth itu.

Pada foto yang beredar, wajah Pangeran Philip tampak kelelahan sebelum memasuki mobil. Sebelumnya, AFP menampilkan video sebuah mobil yang diperkirakan akan menjemput Duke of Edinburgh tersebut.

Ratu Elizabeth II tidak ikut menjemput sang suami. Ia sudah berangkat menuju Sandringham Estate di Norfolk. Sesuai tradisi, anggota keluarga kerajaan Inggris berkumpul di Sandringham untuk merayakan Natal.

Pangeran Philip sejatinya sudah berada di Norfolk. Ia kemudian kembali ke London untuk menjalani perawatan di rumah sakit atas saran dokter.

Pangeran Philip sudah pensiun dari tugas-tugasnya pada Agustus 20187. Terakhir kali ia terlihat di depan umum adalah ketika menghadiri pernikahan Lady Gabriella Windsor, anak dari sepupu Ratu Elizabeth II.

Pangeran Philip memiliki gelar Duke of Edinburgh. Dari sisi ayah, ia merupakan keturunan bangsawan Yunani dan Dinasti Romanov. Sementara dari sisi ibu, ia memilih darah bangsawan dari Jerman dan Inggris.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dalam Pesan Natal, Ratu Elizabeth II Mengakui Tahun 2019 Tidak Mulus

Sementara itu, Ratu Elizabeth II mengatakan dalam pesan Natal bahwa 2019 ini adalah masa sulit. Tahun ini, berbagai drama terjadi di negara sang ratu, mulai dari potensi Brexit, kasus Pangeran Andrew yang berteman dengan pedofil, hingga hubungan Pangeran William dan Harry.

Dilaporkan AP News, Ratu Elizabeth II berharap tindakan yang kecil bisa membuat perbedaan besar terkait apa yang telah terjadi.

"Jalannya tentu tidak selalu mulus, dan pada tahun ini banyak saat-saat yang bergelombang, tetapi langkah-langkah kecil bisa membuat perbedaan yang amat besar," ucap Ratu Elizabeth II dalam pesan Natalnya. 

Adik Ratu Elizabeth II, Pangeran Andrew, harus menerima kecaman publik karena memiliki kedekatan dengan pelaku pedofil Jeffrey Epstein. Masalah makin runyam karena Pangeran Andrew membela persahabatnnya dengan Epstein pada sebuah wawancara TV.

Pangeran Andrew pun terpaksa mundur dari perannya resminya sebagai patron di berbagai organisasi seperti British Science Association, Royal Philharmonic Orchestra, Royal Society for Asian Affairs, dan Helicopter Club of Great Britain.

Hubungan antara Pangeran William dan Pangeran Harry juga sedang renggang. Pangeran Harry memilih pergi ke Kanada bersama Meghan dan putra mereka Archie ketimbang pergi ke Sandringham Estate yang merupakan agenda wajib keluarga kerajaan saat natal.

Harry dan Meghan juga mengeluhkan kehadiran media yang menganggu kehidupan mereka bersama Archie yang masih berusia tujuh bulan.

Terakhir, suami Ratu Elizabeth II yaitu Pangeran Philip juga sedang sakit. Pangeran Philip yang berusia 98 tahun sedang dirawat di London, namun pihak kerajaan tidak mengungkap apa penyakitnya.

Akibat kondisinya, Pangeran Philip diperkirakan tak bisa datang ke Sandringham pada natal mendatang. Ketika ditanya kesehatan bapaknya, Pangeran Charles mengakui ada keterkaitan faktor umur.

"Ketika umurmu mencapai usia tersebut, kondisimu tidak akan berfungsi begitu baik," ujar Pangeran Charles.

3 dari 3 halaman

Harry Liburan dengan Ibu Meghan

Meghan Markle dan Pangeran Harry sebelumnya mengumumkan mereka juga melewatkan perayaan liburan tahunan di Sandringham pekan depan. Meghan pertama kali merayakan Natal dengan keluarga kerajaan pada 2017.

Momen perayaan itu setelah pertunangan keduanya diumumkan, dan berlanjut pada 2018 setelah Meghan dan Harry resmi mengikat janji suci pernikahan.

"Duke dan Duchess of Sussex berharap untuk memperpanjang waktu keluarga menjelang akhir bulan ini," bunyi pernyataan Istana Buckingham.

"Setelah menghabiskan dua Natal terakhir di Sandringham, Yang Mulia akan menghabiskan liburan tahun ini sebagai keluarga baru dengan ibu Duchess, Doria Ragland. Keputusan ini sejalan dengan preseden yang ditetapkan sebelumnya oleh anggota lain dari keluarga kerajaan dan dapat dukungan dari Yang Mulia Ratu," lanjut pernyataan itu.

Saat Meghan dan Harry absen, terlihat banyak anggota keluarga kerajaan yang hadir. Pangeran William tampak tiba di acara bersama Pangeran George di sampingnya di kursi depan.

Kate Middleton yang mengenakan busana kotak-kotak merah melempat senyum ketika tiba. Datang terpisah dengan William, ia tiba dengan Putri Charlotte dan putranya, Pangeran Louis di kursi belakang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.