Sukses

5 Fakta Menarik Dunia, Cabai Membunuh hingga Nomor 4 dari Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Bumi disebutkan sebagai planet tempat manusia hidup, dunia, atau jagat. Penjelasan lainnya menyebutkan bahwa nama lainnya terkadang disebut Planet Biru.

Beragam suku dan bangsa mendiami banyak wilayah di Bumi.

Dengan sekitar 200 negara dan lebih dari 7,5 miliar orang, dunia ini mungkin penuh dengan orang, tempat, dan hal yang menarik serta menyenangkan. Banyak fakta yang belum terpapar dan ketika diekspos kerap bikin geleng-geleng kepala.

Misalnya saja, ternyata ada negara yang tak bisa membeli minuman bersoda terkenal Coca-Cola, hingga benar adanya nama tempat di Bumi dengan 85 karakter alias terpanjang dalam sejarah. Dan masih banyak lagi fakta menarik lainnya yang jarang terekespos publik.

Berikut ini 5 di antara fakta menarik tentang dunia yang mungkin jarang Anda ketahui, dikutip dari bestlifeonline.com, Sabtu (16/11/2019):

2 dari 6 halaman

1. Korea Utara dan Kuba Adalah Satu-Satunya Tempat Anda Tak Bisa Beli Coca-Cola.

Ke mana pun Anda pergi, sangat menyenangkan mengetahui bahwa Anda selalu dapat menikmati minuman soda Coca-Cola. Yah, hampir di mana saja.

Meski minuman bersoda ini dijual hampir di mana-mana, tapi minuman itu belum (secara resmi) menuju ke Korea Utara atau Kuba, menurut BBC. Alasannya, karena negara-negara ini berada di bawah embargo perdagangan AS. jangka panjang.

Akan tetapi, beberapa orang mengatakan Anda mungkin dapat menikmatinya jika berusaha cukup keras (walaupun biasanya akan jauh lebih mahal daripada apa yang akan Anda bayarkan di negara bagian -- dan mungkin diimpor dari negara tetangga seperti Meksiko atau China).

3 dari 6 halaman

2. Seluruh Populasi Dunia Bisa Masuk ke Dalam Los Angeles.

Total populasi dunia lebih dari 7,5 miliar. Dan jelas, angka itu terdengar sangat besar.

Kendati demikian, ada yang menyebut bahwa jumlah populasi sebesar itu dapat berada di satu tempat yakni Los Angeles. Bagaimana bisa?

Menurut National Geographic, hal itu memungkinkan jika setiap orang berdiri dengan bahu saling menempel. Mereka semua dapat masuk dalam jarak 500 mil persegi dari Los Angeles.

4 dari 6 halaman

3. Cabai Terpanas di Dunia Sangat Panas Sehingga Bisa Membunuhmu.

Cabai jenis Dragon's Breath chili pepper dikenal sebagai yang terpedas di dunia. Begitu panas efeknya hingga benar-benar mematikan.

Jika Anda makan satu, itu berpotensi menyebabkan jenis syok anafilaksis, membakar saluran udara dan menutupnya.

"Saya sudah mencobanya di ujung lidah dan itu rasanya seperti terbakar," kata Mike Smith, yang ikut menanam Dragon's Breath chili pepper bersama para ilmuwan dari Nottingham University.

Jadi mengapa menciptakan cabai jenis itu? Ternyata, cabai ini awalnya dikembangkan untuk digunakan dalam perawatan medis sebagai obat bius yang dapat membuat kulit mati rasa.

5 dari 6 halaman

4. Indonesia Adalah Rumah Sejumlah Orang Terpendek di Dunia.

Meskipun ada orang pendek dan orang tinggi di mana-mana, Indonesia disebut sebagai rumah bagi sejumlah orang terpendek di dunia, menurut data yang dikumpulkan dari berbagai sumber global oleh Telegraph pada 2017.

Saat memperhitungkan kedua jenis kelamin, rata-rata orang dewasa sekitar 156 cm.

Orang-orang di Bolivia cenderung tidak lebih tinggi, dengan tinggi rata-rata orang dewasa berkisar 158 cm. Orang-orang tertinggi di antara kita tinggal di Belanda, di mana tinggi rata-rata orang dewasa adalah 6 kaki (sekitar 182 cm).

6 dari 6 halaman

5. Nama Tempat Terpanjang di Planet Bumi Memiliki 85 Huruf.

Orang-orang yang tinggal di Mamungkukumpurangkuntjunya Hill, Australia, perlu sedikit kesabaran dalam belajar mengeja nama kota asal mereka. Tapi tahukah Anda? Begitu juga orang-orang dari Lake Chargoggagoggman-chauggagoggchaubunagungamaugg di Massachusetts dan Tweebuffelsmeteen-skootmorsdoodgeskietfontein, Afrika Selatan.

Tak satu pun dari mereka bisa dengan baik ketika mencatat alamat mereka, seperti penduduk Taumatawhakatangihanga-koauauotamateaturipukakapikimaung-ahoronukupokaiwhenuakitanatahu, Selandia Baru.

Dengan panjang 85 huruf, ini adalah nama tempat terpanjang di dunia.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mobil Terbang Produksi 1949 Ini Dilelang, Berminat?
Artikel Selanjutnya
5 Potret Perjuangan Ojol Antar Barang Super Besar