Sukses

Vietnam Tangkap 8 Orang Terkait Kematian 39 Orang dalam Truk di Inggris

Otoritas Keamanan Vietnam kembali menangkap delapan orang yang berkaitan dengan Terbongkarnya kematian 39 orang di truk.

Liputan6.com, Inggris - Otoritas Keamanan Vietnam kembali menangkap delapan orang yang berkaitan dengan terbongkarnya kematian 39 warga negaranya dalam truk di Inggris.

Dikutip dari AFP, Selasa (5/11/2019), delapan wanita dan 31 pria ditemukan di sebuah truk berpendingin di sebuah taman industri di Essex, sebelah timur London pada Oktober 2019, dalam kasus yang mengguncang Inggris dan mengungkap risiko mematikan migrasi ilegal dari Vietnam ke Eropa.

Polisi Inggris awalnya mengatakan para korban adalah orang China, tetapi beberapa keluarga Vietnam datang untuk mengatakan mereka khawatir kerabat mereka ada di truk. Sejauh ini tidak ada yang diidentifikasi secara resmi.

Banyak korban yang dicurigai datang dari hanya dua provinsi di Vietnam tengah, termasuk provinsi Nghe An di mana delapan orang telah ditangkap sehubungan dengan kematian itu, kata polisi.

"Ini adalah insiden yang sangat menyakitkan, kecelakaan kemanusiaan," kata Nguyen Huu Cau, direktur polisi Nghe An, yang mengkonfirmasi penangkapan dalam komentar video yang dilakukan oleh surat kabar Tuoi Tre yang dikelola pemerintah.

Kantor Berita Vietnam resmi juga mengkonfirmasi penangkapan itu, dengan mengatakan para tersangka ditahan karena "mengorganisir (dan) perantara untuk pergi ke luar negeri dan tinggal di luar negeri secara ilegal".

Dua tersangka lainnya ditangkap di provinsi Ha Tinh pekan lalu sehubungan dengan insiden truk di Essex itu.

Sampel DNA dan sidik jari diambil dari beberapa keluarga di daerah itu ketika pejabat di Vietnam dan Inggris bekerja untuk mengidentifikasi para korban.

Keluarga yang hilang mengatakan, bahwa anak-anak mereka pergi ke luar negeri untuk mencari pekerjaan, berharap mendapat uang untuk dikirim pulang.

Inggris adalah tujuan populer bagi para imigran ilegal Vietnam, banyak dari mereka yang akhirnya bekerja di pertanian ganja.

Simak Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inggris Tempat Imigran Gelap Vietnam

Mereka yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli apa yang disebut "paket VIP" untuk terbang ke negara-negara Eropa sebelum memulai rute berbahaya ke Inggris - biasanya dengan truk - sering melakukan perjalanan ke barat melalui Rusia atau China.

Rute bisa berbahaya, dengan beberapa orang dieksploitasi untuk tenaga kerja di pabrik atau rumah bordil di sepanjang jalan, kata LSM dan para ahli.

Sopir Irlandia Utara berusia 25 tahun dari truk berpendingin yang ditemukan pada 23 Oktober telah didakwa melakukan pembunuhan, pencucian uang, dan konspirasi untuk membantu imigrasi yang melanggar hukum.

Di Dublin, seorang Irlandia Utara lainnya menghadapi proses ekstradisi untuk membawanya ke Inggris sehubungan dengan insiden itu.

Polisi Inggris juga mengatakan mereka ingin berbicara dengan Ronan dan Christopher Hughes, dua saudara lelaki dalam bisnis pengangkutan dari Irlandia Utara.

Tiga orang lainnya telah ditangkap dan dibebaskan dengan jaminan polisi.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.