Sukses

Imber, 'Desa Hantu' yang Hilang dari Peta dan Dibuka 50 Hari dalam Setahun

Foto-foto yang menunjukkan masa lalu, kehancuran sebuah desa hantu di Inggris ini--sebutan bagi wilayah itu-- yang terakhir ditempati 76 tahun lalu tersebar. Mencekam!

Liputan6.com, Salisbury - Selama 310 hari setahun, kampung yang ditinggalkan sejak Perang Dunia II ini tertutup untuk umum. Dengan kata lain, desa di Salisbury, Inggris tersebut hanya buka sekitar 50 hari dalam setahun.

Foto-foto yang menunjukkan masa lalu, kehancuran sebuah desa hantu --sebutan bagi wilayah itu-- yang terakhir ditempati 76 tahun lalu tersebar. Mencekam!

Wilayah dalam kekuasaan Kementerian Pertahanan Inggris itu, seperti dilaporkan BBC, Selasa (20/9/2019) terbuka untuk umum selama 50 hari setahun termasuk lima hari di bulan Agustus.

Pada Sabtu 17 Agustus, Routemasters vintage atau bus-bus klasik mulai terlihat membawa orang ke dusun yang terlupakan itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gereja Jadi Daya Tarik Utama

Ketua Network Rail, Sir Peter Hendy, yang merupakan anggota operator Imberbus --penyedia bus klasik, mengatakan desa itu adalah "tempat paling tidak jelas" yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan layanan bus.

"Tempat itu tidak terbuka sebagian besar waktu, tidak ada yang tinggal di sana, jadi itu adalah tempat yang sempurna untuk menjalankan layanan bus seperempat jam sehari," katanya.

Wisatawan dapat terlihat menutup hidung mereka ke dalam rumah yang ditinggalkan dan menikmati limun kuno dari bus vintage saat mereka 'mencicipi' era yang berbeda.

Gereja St Giles mungkin merupakan daya tarik utama - dan satu-satunya bangunan yang tersisa di desa.

Tahun ini, untuk pertama kalinya dalam 20 tahun gereja itu akan digunakan untuk pembaptisan.

Penjaga gereja, Neil Skelton, mengatakan tahun ini paling banyak dikunjungi turis. "Itu yang paling banyak kami miliki, kami hampir mencapai titik puncak."

Pembaptisan - untuk seorang perwira Angkatan Darat yang bertugas di sana - dilakukan dengan sederhana.

"Tidak ada bangku gereja di sana dan perabot yang digunakan untuk membabtis berasal dari tahun 1950, jadi pendeta hanya akan membawa mangkuk berisi air untuknya," Skelton berkomentar.

Tahun lalu wisata di desa hantu ini menghasilkan 13.000 pound sterling atau sekitar Rp 224 juta.

3 dari 3 halaman

Ditutup Sejak 1943, Lalu Menghilang dari Peta

Imber, yang berada di zona pelatihan Salisbury Plain MoD (Kementerian Pertahanan) di Wiltshire, ditinggalkan pada tahun 1943 dan telah ditutup untuk warga sipil sejak itu.

Tepat sebelum Natal 1943 penduduk desa diperintahkan untuk berkemas dan pergi untuk menyediakan tempat pelatihan bagi pasukan yang bersiap untuk invasi Eropa selama Perang Dunia II.

Mereka tidak pernah diizinkan untuk kembali, dan desa itu pun menghilang dari peta.

Sejak itu, akses publik hingga 50 hari diberikan setiap tahun oleh Kementerian Pertahanan Inggris, termasuk lima hari pada bulan Agustus.

"Kami memiliki hari yang sangat sibuk kemarin dengan bus, kami memiliki sekitar 5.000 pengunjung," kata Mr Skelton.

"Mereka menjalankan lebih banyak bus daripada tahun ini, sekitar 28 bus. Kami hampir mencapai titik putus pada satu titik."

Ketua Network Rail, Sir Peter Hendy, yang adalah anggota Imberbus yang menjalankan layanan bus, mengatakan desa itu adalah "tempat paling tidak jelas yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan layanan bus".

Bus Routemasters Vintage atau jenis klasik kemudian digunakan untuk mengangkut orang ke desa hantu itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.