Sukses

NASA Ajak Kamu Rekam Momen Pendaratan Manusia Pertama di Bulan, Ini Caranya

Liputan6.com, California - NASA sedang bersiap-siap untuk memperingati 50 tahun misi "Apollo 11" pada 20 Juli tahun ini. Sebagai bagian dari kegiatan tersebut, badan antariksa milik pemerintah Amerika Serikat ini meminta masyarakat global untuk merekam memori mereka tentang momen bersejarah ketika astronaut Neil Armstrong melangkah di permukaan Bulan untuk pertama kalinya.

Nantinya, NASA akan menggunakan beberapa rekaman tersebut untuk disematkan di akun media sosialnya -- seperti situs web, Twitter, dan lain-lain -- terkait dengan eksplorasi Bulan dan misi Apollo.

Sementara itu, NASA sudah punya bukti lisan dari orang-orang yang terlibat langsung dalam misi tersebut. Contohnya, arsip wawancara bersama Neil Armstrong yang ditranskripkan ke dalam 106 halaman.

Tetapi NASA menggarisbawahi bahwa proyek khusus kali ini berfokus pada mereka yang menyaksikan detik-detik peluncuran dan pendaratan "Apollo 11" ke Bulan secara langsung. Demikian seperti dilansir dari The Verge, Kamis (16/5/2019).

Menurut NASA, sekitar 530 juta orang menonton siaran langsung pendaratan manusia pertama di satelit alami Bumi itu. Beberapa di antaranya mungkin terlalu muda untuk mengingatnya, atau mereka mungkin sudah meninggal dalam lima dekade terakhir.

 

2 dari 2 halaman

Cara Ikut Serta

Untuk 'terjun' dalam proyek ini cukup sederhana. NASA menginstruksikan agar Anda memanfaatkan ponsel pintar (smartphone) untuk mengabadikan ingatan Anda.

Anda cukup menyampaikan kisah yang Anda alami ketika momen peluncuran "Apollo 11" kala itu dilakukan, merekam seluruh cerita dengan menggunakan aplikasi perekam audio selama maksimal dua menit.

Setelahnya, cukup kirimkan rekaman tersebut melalui email ke apollostories@mail.nasa.gov beserta nama dan kota asal Anda. Siapa pun dapat terlibat dalam kegiatan ini, dari segala penjuru negeri.

Jika Anda tertarik untuk bergabung dalam proyek ini namun masih bingung untuk memulainya, jangan khawatir karena NASA punya sejumlah instruksi lagi. Cukup jawab pertanyaan berikut:

Menurut Anda bagaimana rasanya melihat manusia berjalan di Bulan?" atau "Di mana Anda ketika manusia pertama berjalan di Bulan? Jelaskan dengan siapa Anda ketika itu? Apa yang Anda pikirkan? Gambarkan suasana di sekeliling Anda!

Cerita-cerita dari penduduk dunia ini akan dipublikasikan oleh NASA pada musim panas tahun ini ketika proyek NASA, yang disebut NASA Explorers: Apollo", melakukan debut besarnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Didesak Wapres AS, NASA Akan Kirim Astronaut Wanita ke Bulan pada 2024
Artikel Selanjutnya
NASA Ciptakan Robot Lunak untuk Jelajahi Planet Lain