Sukses

PPLN Manila Mulai Penghitungan Suara untuk Total 1.194 Pemilih WNI

Liputan6.com, Manila - Tepat pukul 14.00 pada Rabu, 17 April 2019 waktu setempat, proses perhitungan suara di 2 (dua) TPS Manila, Filipina dimulai. Momen itu disaksikan oleh masyarakat Indonesia di Manila dan sekitarnya, serta Staf KBRI Manila dan keluarga.

Hadir pula Saksi Partai Golkar, Kashim Nema dengan membawa Surat Mandat dari DPP Golkar.

"Perhitungan suara 1.194 pemilih di dua TPS tersebut, diperkirakan akan memakan waktu beberapa jam ke depan dan akan dilanjutkan dengan TPS KSK (kotak suara keliling) dan Pos," jelas PPLN Manila melalui pesan singkat yang diperoleh Liputan6.com, Rabu (17/4/2019) pukul 13.20 WIB.

"Diharapkan rekapitulasi akhirnya dapat dilaporkan pada malam ini," lanjut pernyataan itu.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 dari 3 halaman

WNI di Filipina Nyoblos Tanggal 14 April

Minggu, 14 April 2019, masyarakat Indonesia calon pemilih di Filipina sudah mulai berdatangan sejak pukul 08.00 waktu setempat dan mengantre untuk mendapatkan kesempatan menggunakan hak pilihnya.

Pemungutan suara diselenggarakan di dua tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) Manila yang berlokasi di KBRI Manila.

Tercatat ada 1.683 pemilih di lingkup kerja panitia pemilihan luar negeri (PPLN) Manila, yang 1.309 sesuai daftar pemilih tetap luar negeri (DPT LN) diharapkan hadir di TPSLN Manila hingga pukul 18.00 ini, demikian seperti dikutip dari rilis KBRI Manila yang diterima Liputan6.com, Minggu (14/4/2019).

Sementara itu, 244 pemilih menggunakan metode pos sejak pekan ketiga Maret 2019 dan saat ini PPLN Manila sedang menunggu kiriman balik surat suara dari para pemilih.

Sedangkan 130 pemilih telah menyalurkan hak suaranya melalui Kotak Suara Keliling pada 7 April 2019 di dua kampus Advent terbesar di Asia Pasifik, yang berlokasi di Provinsi Cavite (sekitar dua jam perjalanan dari Manila) yaitu AUP dan AIAAS.

3 dari 3 halaman

Pengamanan di TPSLN Manila Diperketat Selama Pencoblosan

Pengamanan oleh Tim Pengamanan KBRI Manila (Atase Pertahanan, Atase Militer, Atase Polri dan Sekabsus) dilakukan di sekeliling serta areal parkir KBRI Manila, bekerjasama dengan Kepolisian Filipina.

Tim KPU dan Tim Pokja PLN juga hadir memantau proses persiapan dan pelaksanaan Pemilu 2019 di PPLN Manila.

Perhitungan suara dilakukan pada Rabu, 17 April 2019 dan diharapkan dihadiri oleh masyarakat Indonesia di Manila dan sekitarnya.

Sejauh ini dilaporkan proses berjalan lancar, meskipun suhu udara Manila, Filipina hari itu tercatat mencapai 37 Celcius.

Loading
Artikel Selanjutnya
Dipecat Karena Kanker, Buruh Hong Kong Tuntut Majikan dan Dapat Rp 53 Juta
Artikel Selanjutnya
Suhu Manila 37 Derajat Celcius, WNI di Filipina Tetap Antusias Nyoblos