Sukses

Tornado Hantam Wilayah Selatan AS, 2 Orang Tewas

Liputan6.com, Mississippi - Sedikitnya dua orang dilaporkan tewas akibat tornado yang terjadi di Mississippi, Amerika Serikat bagian selatan pada Minggu, 14 April 2019.

Tornado ini telah bergerak dari wilayah New York menuju Atlanta hingga akhirnya tiba di Mississippi, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (15/4/2019).

Lebih dari 100 juta orang dari Amerika Serikat bagian tengah ke Pantai Timur harus bersiap menghadapi risiko cuaca ekstrem pada pekan ini.

Menurut pakar meteorologi Bob Oravec dari Pusat Prediksi Cuaca Badan Layanan Cuaca Nasional AS, petir disertai putaran tornado akan terjadi.

"Begitu banyak kawasan di Amerika Serikat yang akan menghadapi risiko, dan itu termasuk kota-kota besar," kata Oravec.

Hampir 2.000 penerbangan di AS dibatalkan atau ditunda akibat tornado, dengan sebagian besar masalah di bandara di Dallas, Charlotte dan Chicago, menurut FlightAware.com.

Salju turun di Chicago pada hari Minggu kemarin. Sebanyak 17 tornado dilaporkan melintasi selatan dari Texas ke Alabama pada hari Sabtu dan Minggu, kata Oravec.

2 dari 3 halaman

Tornado Hantam Kawasan Serupa

Pada Maret lalu, tornado di Amerika Serikat memakan korban. Sedikitnya 14 orang dilaporkan tewas, beberapa di antaranya anak-anak, setelah tornado melanda Lee County di negara bagian Alabama, Amerika Serikat (AS), pada Minggu 3 Maret 2019.

Sherif (pejabat pemerintah) setempat, Jay Jones, mengatakan bahwa para petugas penyelamat bekerja keras semalaman penuh. Mereka mengevakuasi jasad dan korban luka dari puing-puing ratusan rumah, demikian sebagaimana dikutip dari The Straits Times.

"Tantangannya sekarang menyingkirkan puing-puing kecil yang mempersulit evakuasi," kata Jones, seraya memperkirakan bahwa jumlah korban kemungkinan bertambah.

Cuaca buruk melepaskan satu dari banyak kemungkinan tornado yang mengancam Amerika Serikat bagian selatan.

 

3 dari 3 halaman

Peringatan Telah Diberikan

Peringatan 'awas' tornado berlaku untuk sebagian negara bagian Georgia dan Alabama pada saat itu, dan kemudian diturunkan menjadi 'siaga' untuk 24 jam setelahnya.

Sementara itu, melalui Twitter, Gubernur Alabama Kay Ivey memperingatkan bahwa cuaca yang lebih buruk mungkin akan terjadi. Dia mengatakan pemerintah negara bagian segera mengupayakan bantuan bagi para keluarga yang terdampak.

Hantaman tornado itu menyebabkan terputusnya aliran listrik pada lebih dari 10.000 kepala keluarga, lapor situs berita Birmingham News, mengutip pernyataan perusahaan utilitas Alabama Power.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tentara Marinir AS Tikam Perempuan Jepang Sebelum Bunuh Diri di Okinawa
Artikel Selanjutnya
Presiden Ekuador Sebut Bos WikiLeaks Bikin Pusat Mata-Mata di Kedutaannya