Sukses

Penemu Kalkulator Meninggal Akibat Komplikasi

Jerry Merryman, penemu kalkulator genggam yang pernah menjadi tukang reparasi radio saat kecil, meninggal dunia akibat komplikasi gagal ginjal dan jantung.

Liputan6.com, Austin - Salah seorang penemu kalkulator elektronik genggam, Jerry Merryman, meninggal dunia pada Rabu, 27 Februari 2019 dalam usia 86 tahun.

Ia meninggal di sebuah rumah sakit di Kota Dallas, setelah dirawat sejak Desember karena komplikasi gagal jatung dan ginjal. Hal itu disampaikan oleh putri tirinya, Kim Ikovic.

Merryman adalah salah satu dari tiga pria penemu kalkulator genggam yang mudah dibawa, mengutip NBC News pada Rabu (6/3/2019). Saat itu, mereka tengah bekerja di perusahaan semikonduktor Texas Instruments yang berpusat di Kota Dallas, Negara Bagian Texas, Amerika Serikat.

Tim pembuat kalkulator genggam yang diketuai oleh Jack Kilby tersebut telah berjasa dalam menemukan sirkuit terintegrasi yang sangat bermanfaat bagi perkembangan komputer.

Orang Sangat Cerdas

Menurut Vernon Porter, mantan kolega sekaligus teman almarhum, Merryman merupakan orang paling cerdas yang pernah ia temui.

"Saya telah mendapatkan gelar Ph.D di ilmu material (material science) dan saya telah mengetahui ratusan ilmuwan, professor, pemenang hadiah Nobel, dan lainnya. Jerry Merryman adalah orang paling cerdas yang pernah saya temui. Benar-benar orang yang luar biasa cemerlang," kata Porter.

"Dia memiliki ingatan yang mengesankan dan mempunyai kemampuan mendapatkan rumus, informasi, dari hampir setiap subjek," lanjutnya.

Mantan kolega yang lain, Ed Mills, mengatakan bahwa Merryman hanya membutuhkan waktu tiga hari untuk mendesain sirkuit terintegrasi.

 

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berjasa Menciptakan Revolusi Elektronik

Merryman sempat menuturkan kisah penemuan kalkulator kepada media National Public Radio (NPR) pada 2013 lalu.

"Saat itu akhir 1965, Jack Kilby bos saya mempresentasikan ide kalkulator. Dia memanggil beberapa orang di kantornya. Dia mengatakan, kami ingin memiliki semacam perangkat komputasi," kata Merryman bercerita. "Akan lebih baik jika (alat) itu sekecil buku yang tengah saya pegang ini."

Saat itu, Merryman hanya berfikir mereka tengah membuat alat hitung. Namun ternyata, mereka menciptakan revolusi elektronik yang mendasari perkembangan teknologi seperti komputer.

Ketiga penemu kalkulator telah mengajukan hak paten, menyusul kemajuan penting yang diraih pada September 1967. Perkembangan terakhir kalkulator dicapai pada Juni 1974.

Sebelum berkontribusi dalam penemuan kalkulator, Merryman pernah menjadi tukang reparasi radio pada usia 11 tahun.

Saat itu, ia mengumpulkan uang dari para pelanggan, yang digunakan untuk pergi ke bioskop pada sore atau malam hari. Merryman juga sempat bekerja di departemen oseanografi dan meteorologi suatu universitas dan tak lama kemudian ia berada di sebuah pangkalan minyak di Teluk Meksiko untuk mengukur kekuatan angin topan.

Merryman seolah memang cerdas di banyak bidang. Menurut putrinya, Melissa Merryman, ayahnya pernah membuat garpu tala untuk piano. Saat Melissa bertanya bagaimana cara alat tersebut dibuat, sang ayah menjawab hal itu sangat gampang.

Meskipun memiliki banyak pencapaian, Merryman adalah orang yang rendah hati. Ia tidak pernah membual tentang dirinya sendiri. Hal itu dinyatakan oleh Melissa yang menjadi bersaudara dengan temannya Kim Ikovic saat orang mereka menikah pada 1993.

Sang penemu kalkulator juga tidak pernah memedulikan publisitas. Ia akan senang jika koleganya di perusahaan mengatakan ia telah bekerja dengan baik.

Jerry Merryman pensiun dari perusahaan TI pada 1994.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.