Sukses

Jangan Lupa, 6 Benda Ini Harus Rutin Dibersihkan Setelah Dipakai Berkali-Kali

Liputan6.com, Jakarta - Ada pepatah yang menyebut bahwa rumah kita adalah istana kita, maka dari itu kita harus memperlakukannya seperti itu. Penting untuk menjaga kebersihan benda di rumah agar semua orang tetap sehat dan nyaman.

Selain itu, membersihkan seluruh barang yang ada di rumah juga dinilai perlu, karena berkaitan dengan performanya. Namun, ada sejumlah besar benda yang rentan terhadap bakteri, bila Anda lupa untuk membersihkan.

Berikut 6 benda yang harus segera Anda bersihkan atau cuci dengan segera, setelah Anda selesai menggunakannya atau digunakan berkali-kali. Sebagaimana dikutip dari Bright Side, Kamis (21/2/2019).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 7 halaman

1. Media Pencuci Piring

Sisa makanan dan lemak, belum lagi buih sabun, bisa tersangkut di segala tempat di tempat pencuci piring. Membersihkan tempat pencuci piring bisa menjadi kegiatan yang mudah.

Kosongkan tempat tersebut, taburkan secangkir baking soda ke seluruh permukaan, diamkan semalaman dan bilas dengan cuka.

Tidak hanya bersih, trik ini juga akan menghilangkan bau tak sedap di tempat cuci piring.

3 dari 7 halaman

2. Kuas Riasan

Demi mendapatkan penampilan yang elok, kuncinya ada pada wajah yang bersih, jadi Anda tentu perlu memulainya dengan alat yang bersih pula.

Meskipun jelas bahwa residu riasan dapat membuat muka Anda jadi berantakan, namun penting untuk diingat bahwa kuman dapat menumpuk di kuas. Bersihkan kuas riasan setiap seminggu sekali untuk memastikan wajah Anda bebas bakteri.

4 dari 7 halaman

3. Bantal Kasur

Ketika tidur, umumnya orang-orang banyak menggunakan bantal, tetapi tahukah Anda bahwa sel-sel kulit mati, noda air liur, dan tungau debu dapat membuat bantal Anda menjadi terlihat menjijikkan?

Anda mungkin ingat untuk membersihkan sarung bantal itu sendiri, tetapi bukan bantalnya. Sebagian besar bisa dicuci dengan mesin cuci dan harus dibersihkan setidaknya dua kali setahun. Ingatlah untuk mengeringkan bantal sebelum menggunakannya untuk mencegah tumbuhnya jamur.

5 dari 7 halaman

4. Sikat Gigi

Sekali dalam seminggu, tempatkan sikat gigi Anda dalam obat kumur berbasis alkohol. Selain itu, ganti sikat gigi Anda setiap 3 bulan. Penting juga untuk menjaga agar sikat Anda tidak bersentuhan dengan sikat gigi orang lain dan pastikan sikat gigi Anda jauh dari bakteri di udara, seperti simpanlah di tempat yang tertutup dan kering.

6 dari 7 halaman

5. Botol Tempat Minum

Banyak orang menyimpan botol air, mengisinya dengan air ledeng, dan menaruhnya di kulkas agar hemat. Yang lain hanya menyimpan botol plastik yang lebih keras yang sudah dimaksudkan untuk penggunaan rutin.

Botol-botol ini harus dibersihkan setiap hari, jika tidak digunakan, agar tetap bersih dan steril. Kalau tidak, wadah minum tersebut dapat mengembangkan lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet.

7 dari 7 halaman

6. Wastafel

Area yang lembab bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Faktanya, kuman-kuman dapat tertarik pada sisa makanan yang ada di saluran pembuangan. Bersihkan wastafel dapur Anda secara teratur menggunakan disinfektan.

Presiden Jokowi Menerima Perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama di Istana Bogor
Loading
Artikel Selanjutnya
Bahaya Mencuci Mesin Mobil Pakai Air Bertekanan Tinggi
Artikel Selanjutnya
Abu hingga Paku, 5 Benda Aneh yang Pernah Dimakan Manusia