Sukses

Resital Piano Atraktif Buka Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI - AS

Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat dibuka oleh resital piano yang atrakti oleh dua pianis andal.

Liputan6.com, Jakarta - Membuka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS), pihak kedutaan besar terkait di Jakarta menggelar sebuah konser kecil, yang menampilkan dua pianis asal Negeri Paman Sam.

Berlangsung di kediaman resmi Duta Besar AS untuk Indonesia di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu 7 Februari 2019, resital piano itu menampilkan duet apik dari pasangan Evan Hirsch dan Sally Pinkas.

Keduanya memainkan tiga tahap pertunjukkan yang mengambil inspirasi dari beberapa dongeng, dan beberapa salinan nada gubahan komposer legendaris dunia.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr menuturkan, tema perayaan 70 hubungan diplomatik antar kedua negara adalah memperkuat relasi harmonis di berbagai bidang.

"Pertunjukan ini adalah cara yang luar biasa untuk memulai peringatakan 70 tahun hubungan diplomatik AS dan Indonesia, agar ke depannya semakin menguatkan satu sama lain," kata Donovan dalam sambutan singkatnya sebelum resital piano.

Kepada Liputan6.com, Dubes Donovan mengatakan bahwa di sepanjang 2019 nanti, akan ada banyak agenda yang berfokus pada kontak masyarakat, tentang bagaimana warga Amerika Serikat dan Indonesia bisa saling berkolaborasi, menciptakan karya untuk kemajuan kualitas hidup.

Menurut Donovan, ragam kegiatan itu bisa berbentuk kerja sama pendidikan, pertunjukan bersama, studi banding, dan bahkan siaran podcast untuk saling berbagi ide tanpa terhalang jarak.

"Kami juga akan saling mengirim perwakilan dari masing-masing negara untuk melakukan tinjauan langsung di lapangan, mempelajari ragam budaya baru yang isnpiratif," pungkas Donovan.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi Pianis Handal

Sepasang pianis terkait telah mendulang sukses di kancah musik profesional, baik di AS maupun di tingkat global.

Sally Pinkas adalah sosok yang memulai debut profesionalnya dalam sebuah pertunjukkan di WIgmore Hall, London, dan kini kerap diundang untuk mengajarkan kelas master pada disiplin ilmu permusikan di banyak kampus ternama, seperti Oxford dan Harvard.

Sedangkan suaminya, Evan Hirsch dikenal sebagai resitalis sekaligus anggota orkestra terkemuka, yang telah tampil lintas negara sejak usia belia. Pengajar tetap pada studi piano dan musik klasik pada Brendeis University itu tengah menempuh pembaruan studi untuk meraih gelar profesor pada musim semi nanti.

Tampil sebagai kolaborator dalam pertunjukan malam itu, hadir Airin Efferin dari Bandung Philharmonic. Bersama dengan Sally dan Evan, ketiganya dengan lincah memainkan jemari di atas tuts piano secara bersamaan, menciptakan harmoni semarak berbuntut tepuk tangan riuh dari para tamu undangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.