Sukses

Bau Badan Menyengat? Coba 5 Bahan Dapur Penghilang Bau Ketiak Berikut

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang menyadari bahwa bau badan bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Penampilan seseorang pun terkadang dinilai berkurang kadar kerennya jika aroma tubuhnya tak sedap.

Jika sudah begitu, kondisi tersebut bisa membuat orang lain merasa tak nyaman apabila berada bersebelahan. 

Namun ada sebagian orang yang tak menyadari memilliki aroma tubuh yang tak sedap. Mungkin karena memang sudah terbiasa dengan bau badan sendiri.

Apa yang menyebabkan bau badan menjadi tidak sedap dan beraroma menyengat? Dan bagaimana cara menghilangkan aroma tak sedap pada tubuh?

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Kamis (7/2/2019), berikut 5 bahan dapur yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu produk paling efektif yang dapat memberikan sensasi baik pada aroma tubuh. Sifat antimikroba yang dimiliki minyak kelapa mampu menghambat pertumbuhan bakteri.

Sementara itu, asam laurat dalam komposisinya bisa menghancurkan bau menyengat. Tentu saja, keringat itu sendiri tidak akan hilang, namun baunya bisa hilang atau tersamarkan.

Anda dianjurkan untuk mengoleskan minyak kelapa ke area ketiak satu sampai dua kali setelah mandi.

3 dari 6 halaman

2. Lemon dan Jeruk

Antiseptik pada lemon sangat membantu menghilangkan bau pada ketiak. Sama seperti minyak kelapa, cairan lemon dapat mengendalikan bau badan (termasuk mulut) yang disebabkan oleh bakteri berbahaya.

Minum segelas air lemon di pagi hari (asalkan perut Anda tak bermasalah) dapat membantu mengendalikan masalah ini.

4 dari 6 halaman

3. Biji Fenugreek

Fenugreek adalah buah yang berasal dari tanaman herbal. Biasanya, biji dari buah ini digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan, salah satunya untuk menghilangkan bau pada badan.

Rasa dan aroma dari fenugreek menyerupai sirup maple, dan biasa digunakan untuk menutupi rasa obat yang cenderung pahit.

Benih tanaman ini bertindak sebagai antioksidan. Mereka tidak hanya menghilangkan racun dari tubuh tetapi juga mencegah infeksi yang menyebabkan bau tak sedap menyebar. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, encerkan 1 sendok teh biji dengan air matang dan seduh.

5 dari 6 halaman

4. Peterseli

Peterseli adalah obat tradisional yang populer untuk mengobati bau badan yang tidak menyenangkan. Kandungan klorofil yang tinggi dan aromanya yang segar memberikan efek penghilang bau.

Ramuan ini membersihkan tubuh dan melawan bakteri yang membuat bau badan. Penelitian menunjukkan bahwa peterseli dapat berhasil melawan senyawa belerang.

Anda bisa menggunakan peterseli dalam salad atau hidangan panas atau menyeduh batang dan daun keringnya untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

6 dari 6 halaman

5. Mint

Mint memiliki sifat aroma terapi yang menenangkan. Menggunakan produk ini dapat mengurangi jumlah impuls yang dikirim ke kelenjar keringat.

Mint dapat dikonsumsi secara segar, kering atau berupa minyak esensial baik di dalam maupun di luar tubuh.

Ketika digunakan secara topikal, ia memiliki efek anti-inflamasi dan menutupi tubuh dengan aroma yang menyenangkan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Wisata Selfie di Jakarta Makin Canggih, Pakai Teknologi Slow Mo hingga Imersif
Artikel Selanjutnya
Ingin Tetap Bisa Jalan- jalan di Masa Pensiun, Simak Tipsnya