Sukses

11 Masker Mujarab Atasi Problem Wajah yang Bisa Dibuat di Dapur Anda

Berikut 11 masker yang berfungsi meremajakan kulit wajah dan bisa Anda buat sendiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang, khususnya wanita, merasa khawatir terhadap efek samping dari sebuah produk kecantikan yang dijual bebas di pasaran. Terlebih yang menyangkut urusan wajah. Bagaimanapun juga, sebagian besar kaum Hawa sangat peduli dengan penampilan dan kesehatan kulit.

Untuk menjaganya agar tetap berseri, para perempuan biasanya merawat muka dengan masker wajah yang bisa dibeli di toko-toko terdekat. Akan tetapi, banyak yang belum mengetahhui jenis bahan yang terkandung di dalamnya dan cara pembuatan masker. Sehingga orang cenderung takut menggunakannya pada kulit.

Kendati demikian, masih ada cara alami nan efektif untuk mengatasi permasalahan pada wajah, yakni membuat masker sendiri. Anda hanya perlu memanfaatkan bahan makanan yang ada di dapur untuk mengolahnya, seperti sayur dan buah.

Selain membantu kulit wajah terlihat lebih sehat, perawatan teratur menggunakan buah dan sayur juga akan menjauhkan Anda dari dampak buruk unsur kimia yang terkandung dalam beberapa kosmetik muka, seperti sulfat dan zat pengawet yang umumnya terkandung di dalam masker.

Berikut 11 resepnya, seperti dikutip dari Bright Side, Minggu (15/9/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Mengurangi Peradangan

Bahan:

1 buah pisang

1 sendok makan yogurt

1 sendok teh soda

Cara Menggunakannya:

Giling pisang, lalu tambahkan soda dan yogurt. Letakkan di wajah selama 10-15 menit, lalu bilas.

Pisang dikatakan oleh para ahli sangat membantu wajah untuk mengurangi peradangan dan jerawat. Bahkan pisang dapat digunakan untuk mengobati luka dan luka bakar.

3 dari 12 halaman

2. Mengecilkan Pori

Bahan:

2 sendok makan yogurt

1 sendok teh tanah liat untuk kosmetik

1/2 sendok teh madu murni (jika Anda tidak alergi)

Cara menggunakannya:

Campur tanah liat kosmetik dengan yogurt dan madu. Letakkan masker ini di wajah Anda selama 15-20 menit. Setelah itu, cuci muka dengan air dingin.

Yogurt bisa membantu mengecilkan pori-pori yang membesar dan mencerahkan pigmen kulit.

4 dari 12 halaman

3. Melembabkan Kulit

Bahan:

1/2 buah alpukat matang

1 sendok makan susu cair

1 sendok makan madu

Cara membuatnya cukup campurkan alpukat dengan susu dan madu. Setelah itu, oleskan pada wajah selama 10-15 menit, bersihkan dengan air hangat.

Alpukat mengandung lemak sehat yang mampu melembabkan kulit kering dan sangat bagus untuk mengurangi efek sinar UV. Lemak alpukat juga memiliki efek anti-inflamasi yang membantu mencegah timbulnya jerawat.

5 dari 12 halaman

4. Menghilangkan Lingkaran Hitam pada Mata

Bahan:

1 sendok teh bubuk kopi

Sejumput lada hitam

1/4 sendok teh minyak kelapa

Cara menggunakannya:

Campur semua bahan di atas dan aplikasikan pada area bawah mata. Diamkan selama 5-10 menit, lalu cuci muka dengan air hangat dan pijat wajah.

Masker ini bagus, karena mengandung kafein yang menyempitkan pembuluh dan membantu mengurangi pembengkakan serta lingkaran hitam.

6 dari 12 halaman

5. Mengencangkan Kulit

Anda hanya perlu menyiapkan satu buah tomat matang berukuran sedang. Setelah dicuci bersih, potong tomat dan letakkan potongannya pada wajah. Diamkan selama 10 menit, lalu angkat tomat.

Jangan membasuh wajah, cukup percikkan dengan air hangat.

Berkat lycopene yang terkandung di dalam tomat, masker ini akan menyegarkan, mengencangkan, dan mencerahkan kulit.

7 dari 12 halaman

6. Terlihat Sehat Berseri

Siapkan satu buah mentimun besar. Kupas kulitnya dan potong-potong buahnya. Diamkan di wajah Anda selama 15 menit dan bersihkan dengan air sesudahnya.

Masker ini sangat baik untuk wajah, sebab mentimun mengandung banyak vitamin, termasuk vitamin K, B5, A dan C yang bila digunakan bersamaan memiliki efek yang sangat baik pada kulit.

8 dari 12 halaman

7. Mempercepat Proses Penyembuhan

Siapkan sebuah wortel berukuran besar dan air secukupnya. Kupas wortel dan hancurkan dengan mesin blender, tambahkan air. Letakkan masker di wajah selama 15-20 menit, lalu bilas.

Beta-karoten yang terkandung dalam wortel membantu menyembuhkan luka kecil di wajah dan membuat kulit terlihat lebih sehat.

9 dari 12 halaman

8. Mengangkat Sel Kulit Mati

Bahan:

1/2 cangkir oatmeal

1/3 gelas air

5 tetes vitamin E

Cara menggunakannya:

Rebus oatmeal dalam air dan biarkan dingin. Tambahkan vitamin E. Setelah itu, oleskan masker ini ke wajah selama 15-20 menit dan bersihkan dengan air.

Berkat struktur lembut oatmeal, masker ini sangat bagus untuk kulit yang sensitif. Selain itu, oatmeal juga bisa mengangkat sel kulit mati dan melembabkan kulit.

10 dari 12 halaman

9. Hilangkan Minyak di Wajah

Bahan:

1/2 kentang

1 sendok teh jus lemon

Cara menggunakannya:

Cara 1: Potong kentang, gosokkan pada wajah dan biarkan bekasnya mengering selama sekitar 10 menit. Basuh muka setelah itu.

Cara 2: Giling kentang segar dan tambahkan 1 sendok teh jus lemon, aduk dan oleskan di kulit. Cuci bersih wajah dengan air dingin.

Masker ini sangat bagus untuk mengurangi kulit berminyak.

11 dari 12 halaman

10. Wajah Segar

Bahan:

Jus lidah buaya

4 sendok makan tanah liat merah muda

Cara menggunakannya:

Campurkan tanah liat dengan lidah buaya. Letakkan masker ini di wajah selama 15-20 menit, tetapi jangan biarkan kering. Jika mengering, Anda bisa memercikan sedikit air panas ke wajah. Jika sudah melewati 20 menit, cuci muka dengan air hangat.

Masker ini ampuh untuk mengatasi kulit sensitif dan wajah yang terlihat lesu atau pucat.

12 dari 12 halaman

11. Singirkan Komedo

Bahan:

1 sendok makan lemon

1 sendok makan madu

Cara menggunakannya:

Campurkan lemon dengan madu. Sebelum mengaplikasikannya, cuci muka dengan air hangat. Lalu oleskan campuran ini ke wajah. Tunggu sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Madu memiliki efek melembabkan kulit dan lemon sangat bagus untuk membersihkan wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.