Sukses

Terbuat dari 2 Bahan Alami, 10 Masker Wajah Ini Bisa Bikin Kulit Berseri

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang umumnya mendambakan kulit wajah yang bersih dan sehat, terutama para wanita. Sejumlah produk kecantikan dan perawatan pun dilakukan, mulai dari dokter spesialis kulit, pemakaian kosmetik, krim pelembab, hingga masker wajah. Tak jarang semua hal itu memakan biaya dalam jumlah besar.

Faktanya, merawat kulit wajah tidak harus sulit dan mahal. Pertama, Anda harus tahu apa yang dibutuhkan terlebih dahulu dan seperti apa kondisi kulit wajah Anda: apakah normal, cenderung berminyak, rentan berjerawat, atau kering. Pasalnya, wajah adalah bagian tubuh yang lebih sensitif daripada bagian lainnya, sehingga perawatan yang diterapkan tak boleh sembarangan.

Selain itu, banyak faktor memengaruhi elastisitas kulit kita seperti usia, iklim, dan tingkatan stres. Untuk mencegah masalah kulit wajah, Anda harus mulai merawatnya sejak usia dini. Apabila Anda tak ingin merogoh kocek terlalu dalam, ada cara sederhana untuk merawat wajah Anda di rumah. 

Hanya bermodal kulkas dan dua bahan alami dari dapur, Anda bisa membuat masker wajah sendiri dan dijamin memiliki kulit wajah yang bersih, terawat, sehat dan cantik.

Inilah 10 resep masker wajah seperti dikutip dari Bright Side, Kamis (9/8/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 11 halaman

1. Tomat dan Soda Kue

Masker yang dibuat dari tomat segar mengandung banyak vitamin, antara lain vitamin B9 untuk menghilangkan jerawat, vitamin A memerangi kekeringan pada kulit, vitamin K menghilangkan pigmentasi berlebihan, vitamin H dan seng membantu sel kulit beregenerasi, kalium untuk melembabkan, kalsium untuk melembutkan kulit wajah, dan kolin yang berfungsi meremajakan dan menenangkan kulit Anda.

Resep:

Peras satu buah tomat. Campurkan dengan 2 sendok makan soda kue, lalu oleskan ke wajah Anda. Diamkan selama 10 menit atau sampai mengering dan bilas wajah dengan air hangat.

3 dari 11 halaman

2. Alpukat dan Madu

Alpukat mengandung kalium, kalsium, natrium, fosfor, tembaga, besi, magnesium, seng dan vitamin E. Jika dikombinasikan dengan madu murni, kedua bahan makanan ini dapat menyehatkan kulit Anda, serta membuat wajah kencang dan elastis.

Resep:

Ambil satu buah alpukat matang dan haluskan. Campurkan dengan satu sendok makan madu murni, lalu oleskan masker ini di wajah Anda dan biarkan selama 15 menit attau sampai kering. Bilas dengan air.

4 dari 11 halaman

3. Kentang dan Tepung Gandum

Untuk mendapatkan kulit yang bercahaya, campurkan tepung gandum dan jus kentang. Tepung gandum akan mengelupaskan kulit yang kasar, sementara jus kentang akan mengangkat komedo dan membuat kulit bercahaya.

Resep:

Kupas dan bersihkan satu buah kentang, lalu blender agar jadi jus, peras dan ambil sarinya. Campur jus kentang dan 6 sendok teh tepung gandum. Pijat lembut ke kulit wajah. Biarkan masker mengering lalu bilas dengan air.

5 dari 11 halaman

4. Mentimun dan Kunyit

Umumnya sebagian besar wanita gemar menggunakan pelembab atau pembersih yang mengandung mentimun. Berkat jenis sayuran ini, kelembapan dapat diserap sempurna oleh kulit wajah, sebab mentimun memiliki sifat astringen yang dapat mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori wajah.

Apabila dipadukan dengan kunyit, maka keduanya semakin berfaedah. Kunyit adalah antiseptik alami dan rempah-rempah yang digunakan sejak zaman dahulu kala untuk meremajakan kulit.

Resep:

Blender satu buah mentimun. Tambahkan 1 sendok teh kunyit dan aduk rata. Oleskan adonan ke kulit, biarkan samapai mengering. Bilas dengan air bersih.

6 dari 11 halaman

5. Pepaya dan Jus Lemon

Pepaya adalah antioksidan kuat, karena tingginya kandungan vitamin A di dalam buah berwarna oranye ini. Selain itu, pepaya mengandung papain yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Papain memiliki efek peremajaan karena mengandung sejumlah besar asam alfa hidroksi (AHA).

Sedangkan jus lemon mampu melawan bintik-bintik gelap dan meratakan warna kulit wajah, membuatnya segar dan berseri.

Resep:

Campurkan 1 sendok makan pepaya dengan 4 tetes jus lemon. Oleskan di wajah dan diamkan selama 10-12 menit. Bila sudah kering, bersihkan dengan air dingin yang bersih.

7 dari 11 halaman

6. Lidah Buaya dan Teh Hijau

Apakah Anda ingin meremajakan wajah dengan cepat? Atau mungkin Anda ingin menyegarkan kulit kusam, menyingkirkan jerawat, dan mencegah penuaan dini? Cobalah masker teh hijau yang dipadukan dengan lidah buaya.

Teh hijau mengandung vitamin C, PP, K, dan B untuk memecahkan semua permasalahan tersebut. Sedangkan lidah buaya akan membantu Anda menyembuhkan jerawat, kerutan halus, dan memberi nutrisi pada kulit wajah Anda.

Resep:

Blender 1 sendok teh teh hijau dengan 1 sendok teh gel lidah buaya. Oleskan ke kulit dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

8 dari 11 halaman

7. Minyak Kelapa dan Bubuk Cokelat

Menggunakan masker yang terbuat dari bubuk cokelat adalah pilihan yang sangat baik untuk memperpanjang keremajaan kulit wajah, karena di dalamnya terkandung vitamin B5. Efek pengangkatan sel kulit mati pun bisa dilakukan, karena teobromin dan teofilin yang juga terdapat di dalam komposisi bubuk cokelat.

Bila dikombinasikan dengan minyak kelapa, masker ini secara bersamaan memberi nutrisi, melembabkan kulit dan mengelupaskan partikel sel-sel mati dari lapisan permukaan epidermis.

Resep:

Campurkan 1 sendok makan bubuk cokelat dengan 1 sendok teh minyak kelapa. Oleskan ke kulit dan diamkan selama 20 menit atau sampai mengering. Bilas wajah dengan air hangat, air bersih, atau teh Chamomile (Matricaria chamomilla) yang dingin.

9 dari 11 halaman

8. Roti Gandum dan Susu Murni

Dalam dunia kosmetika, roti gandum ternyata bisa digunakan untuk perawatan wajah karena mengandung asam amino, vitamin B dan mineral PP. Masker yang terbuat dari roti gandum dan susu murni akan membantu menghaluskan kerutan, membersihkan komedo, memperkuat pembuluh wajah dan menyembuhkan peradangan.

Resep:

Campurkan 1 sendok makan roti gandum dengan 1 sendok teh susu murni hangat. Aduk dengan garpu hingga berubah menjadi pasta. Oleskan di wajah dan tunggu selama 15 menit atau agak kering. Bilas dengan air bersih.

10 dari 11 halaman

9. Pisang dan Oatmeal

Masker ini berguna untuk mengatasi permasalahan kulit kering dan sensitif. Pisang mengandung vitamin A, B, dan C sehingga sangat menyehatkan dan melembabkan kulit, sementara oatmeal bisa mengelupaskan lapisan luar kulit.

Resep:

Campurkan 1 sendok makan oatmeal dengan 1 sendok makan pisang. Oleskan ke kulit dan tunggu selama 20 menit atau agak kering. Bersihkan dengan air hangat.

11 dari 11 halaman

10. Putih Telur dan Mentimun

Gunakan masker ini jika Anda ingin mendapatkan kulit bersinar. Mentimun memiliki efek anti-inflamasi sehingga akan membersihkan dan menenangkan kulit Anda. Sementara itu, telur putih adalah obat yang ideal untuk kulit berminyak. Kedua jenis bahan makanan ini akan mengencangkan kulit Anda dan membuatnya tegang.

Resep:

Blender 1/2 mentimun dengan satu putih telur, lalu kocok. Oleskan pasta halus ini ke wajah Anda dan tunggu selama 15 menit atau agak kering. Bilas dengan air.