Sukses

5 Makanan dan Minuman Ini Punya Efek 'Candu' Mirip Narkoba?

Makanan dan minuman ini disamakan seperti narkoba lantaran bisa membuat manusia tak berhenti-henti mengonsumsinya. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Rupanya, bukan hanya narkoba yang mampu membuat manusia kecanduan. Sejumlah makanan dan minuman yang selama ini dekat dengan kehidupan kita juga konon punya pengaruh yang sama.

Makanan dan minuman ini disamakan seperti narkoba lantaran bisa membuat manusia tak berhenti-henti mengonsumsinya. 

Selain bisa membuat Anda kecanduan, makanan dan minuman ini juga tak baik dikonsumsi secara berlebihan karena bisa membuat sejumlah penyakit datang, salah satunya diabetes.

Seperti dikutip dari laman Listverse.com, Senin (27/8/2018), berikut 5 makanan dan minuman yang bisa membuat Anda kecanduan seperti narkoba:

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gandum

Gandum adalah salah satu makanan yang mengandung zat adiktif. Sebab, bahan makanan ini mengandung gluten yang tinggi.

Namun, mengkonsumsi gandum dalam jumlah besar tidak sehat. Karena sifatnya yang bisa membuat manusia bisa kecanduan.

Gandum tidak hanya mengandung gluten yang tinggi, namun makanan ini punya protein adiktif yang tinggi sehingga membuat Anda makan lagi, lagi dan lagi.

 

3 dari 6 halaman

2. Es Krim

Kebanyakan orang kerap kali mengonsumsi es krim untuk menjaga perasaan hati. Apabila suasana hati sedang tak menentu, es krim bisa menjadi alternatif penenangnya.

Ketika sedang memasuki masa depresi inilah es krim hadir dan perannya seperti narkoba yang bisa membuat Anda merasakan efeknya.

Kyle S. Burger dan Eric Stice dari Oregon Research Institute mempelajari efek kecanduan es krim pada otak manusia.

Sambil memindai aktivitas otak 151 remaja, para peneliti memperlihatkan gambar es krim pada sejumlah anak muda. Efeknya, responden menunjukkan ketertarikannya. 

Jika memakan es krim dalam jangka wattu panjang, maka penikmatnya cenderung tak bisa melepaskannya.

 

4 dari 6 halaman

3. Keju

Keju adalah makanan adiktif lainnya yang kerap kita konsumsi dari waktu ke waktu. Biasanya, keju ditemukan pada pizza yang kita makan.

Hal yang membuat keju dapat membuat manusia kecanduan karena di dalamnya mengandung kasein molekul opiat dan casomorphins.

Casomorphins adalah fragmen kasein dan memiliki efek yang sama seperti morfin dalam tubuh.

 

5 dari 6 halaman

4. Gula

Sama seperti makanan yang lainnya, gula bukan hanya tidak sehat apabila selalu dikonsumsi, tetapi ini juga dapat mengakibatkan seseorang kecanduan.

Sebuah penelitian oleh para peneliti di Queensland University of Technology menemukan bahwa gula memiliki efek mirip kokain pada tubuh.

Sementara itu, studi lain yang dilakukan oleh Dr. James DiNicolantonio menemukan bahwa gula bahkan lebih adiktif daripada kokain.

Namun, studi sebelumnya yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Edinburgh menyimpulkan bahwa kecanduan gula sebenarnya adalah masalah perilaku dan bukan kecanduan dalam arti mirip narkoba, berbanding terbalik dengan penelitian dari dua ilmuwan sebelumnya.

 

6 dari 6 halaman

5. Kopi

Amerika Serikat menduduki puncak sebagai negara dengan konsumsi kafein tertinggi di dunia. Rataa-rata orang AS minum tiga cangkir kopi dalam sehari.

Itupun, belum ditambah dengan hitungan asupan lain seperti karbohidrat atau minuman soda lainnya yang juga mengandung kafein. Pertanyaannya, apa yang membuat mereka seperti ini?

Sebab, itu terjadi lantaran kopi bisa membuat manusia kecanduan. Kopi mengandung kafein dan dinobatkan sebagai salah satu minuman paling adiktif di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.