Sukses

Pesawat Jatuh Diterpa Angin Dingin Pegunungan Alaska, Beruntung 11 Orang Selamat

Dilaporkan sebanyak 11 orang berhasil selamat dari peristiwa jatuhnya sebuah pesawat di pegunungan Alaska.

Liputan6.com, Anchorage - Sebuah kecelakan pesawat terjadi di kawasan pegunungan di Pulau Prince of Wales, Alaska, Amerika Serikat, pada Selasa, 10 Juli 2018. 11 orang yang berada di dalamnya selamat dalam insiden tersebut.

Helikopter milik lembaga pengawas pesisir Negeri Paman Sam, US Coast Guard, dilaporkan berhasil memindahkan pilot dan para penumpangnya ke lokasi yang lebih aman.

"(kecelakaan) ini bis amenjadi buruk. Beruntung, aksi penyelamatan cepat dilakukan. Meski para korban mengalami beberapa cedera, namun kami sangat bersyukur bahwa semuanya hidup, dan kami dapat menolong mereka sebelum cuaca kian memburuk," ujar salah seorang petugas US Coast Guard, Charly Hengen, sebagaimana dikutip dari Time.com pada Rabu (11/7/2018).

Menurut US Court Guard, kecelakaan tersebut terjadi karena pesawat gagal dikendalikan setelah beberapa kali diterpa angin dingin yang bertiup kencang dari arah barat daya. 

Hengen menjelaskan bahwa seluruh korban kecelakaan pesawat jatuh itu ditemukan 40 mil (sekitar 63 kilometer) dari perairan perbatasan dengan kota Ketchikan, Alaska. Lokasi insiden tersebut berada di lereng gunung dengan ketinggian 2.000 kaki (setara 609 meter) di atas permukaan laut.

Dalam siaran resminya, US Coast Guard mengatakan bahwa seluruh korban yang mengalami luka, telah mendapat perawatan dari rumah sakit terdekat.

Mischa Chernick, juru bicara PeaceHealth Ketchikan Medical Centre, mengatakan kesebelas korban selamat dalam kecelakaan pesawat itu telah berada dalam kondisi baik saat ini.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jatuh di Medan Berbatu

Sementara itu, menurut Clint Johnson dari Dewan Keselamatan Transportasi Nasional di Alaska, informasi awal menunjukkan bahwa pesawat Havilland Otter, yang dilengkapi bantalan pelampung, terjatuh di medan berbatu yang tertutup pepohonan.

Pesawat itu disebut terbang landas dari Pulau Prince of Wales menuju Ketchikan.

Pulau Prince of Wales yang berhutan lebat di dekat ujung selatan Alaska adalah pulau terbesar keempat di Amerika Serikat, dengan luas mencapai 2.577 mil persegi, atau sekitar 6.675 kilometer persegi.

Pulau Prince of Wales adalah bagian dari Tongass National Forest dan rumah bagi segelintir komunitas kecil penduduk asli Alaska.

Wilayah ini bisa dicapai melalui perjalanan via kota Ketchikan, menggunakan jasa feri atau penerbangan komuter terjadwal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.