Sukses

Gelar KTT, 30 Pemimpin di Afrika Fokus Perangi Korupsi

Pertemuan tingkat tinggi (KTT) para pemimpin Afrika ini difokuskan pada perang melawan korupsi dan menanggapi krisis kemanusiaan dan keamanan di benua itu.

Liputan6.com, Nouakchott - Sebanyak 30 pemimpin Afrika bertemu dalam pertemuan puncak selama dua hari di Mauritania, pada Minggu 1 Juli 2018. Momen itu difokuskan pada perang melawan korupsi dan menanggapi krisis kemanusiaan dan keamanan di benua itu.

Pada pembukaan KTT para pemimpin Afrika itu, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (2/7/2018), tuan rumah Presiden Mauritania Mohamed Ould Abdel Aziz memperingatkan kegagalan kemanan di kawasan setelah empat warga sipil tewas dalam serangan yang menyasarkan patroli Prancis di Mali.

Aziz menyerukan dilakukan pendekatan menyeluruh untuk menghadapi serangan ekstremis.

"Sukses pendekatan ini melibatkan integrasi solusi terhadap ketidakseimbangan dan kekurangan ekonomi dan sosial, hal-hal yang mendorong generasi muda kita menjadi radikal," katanya.

Mali didera oleh kekerasan dalam hari-hari terakhir. Serangan hari Minggu berlangsung hanya beberapa hari setelah militan Islamis menyerang markas pasukan lima negara Afrika di Bamako.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korupsi Cegah Pembangunan Ekonomi

Presiden Mauritania juga memperingatkan, kalau Afrika gagal mencegah korupsi, maka tidak akan terjadi pembangunan ekonomi.

Pemimpin-pemimpin ini juga diduga akan membahas proses perdamaian di Sudan Selatan dan rencana rekonsiliasi antara Ethiopia dan Eritrea.

Presiden Rwanda Paul Kagame, yang kini menjabat kepresidenan di Uni Afrika yang beranggotakan 55 negara, akan membuat seruan bagi pemberlakuan perdagangan bebas di seluruh benua itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Afrika Selatan merupakan salah satu negara republik di bagian selatan Afrika
    Afrika Selatan merupakan salah satu negara republik di bagian selatan Afrika

    Afrika Selatan

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi