Sukses

11 Dubes Negara Sahabat Bangun Rumah untuk Warga Bogor

Sekitar 11 duta besar negara sahabat di Indonesia ikut serta dalam program 'Ambassador Dig' untuk membangun rumah layak huni di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar AS di Indonesia, sejumlah duta besar negara sahabat, serta tim Habitat for Humanity Indonesia bergotong royong bersama warga masyarakat di Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor dalam kegiatan kemanusiaan bertajuk "Ambassador Dig" yang digelar Sabtu, 12 Mei 2018 lalu.

Kegiatan ini bertujuan memperbarui komitmen untuk memperkuat misi pembangunan rumah layak huni di Indonesia.

"Kami mendukung bahwa rumah layak adalah hak dan dasar dari keluarga, yang pada gilirannya memberikan kontribusi untuk membangun masyarakat yang berkelanjutan dan ekonomi yang kuat. Memperkuat program perumahan dengan dukungan NGO seperti Habitat for Humanity Indonesia memberi Kedutaan AS sebuah jalan untuk memberikan kontribusi nyata bagi kehidupan masyarakat di Indonesia berpenghasilan rendah," ujar Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr dalam keterangan tertulis yang Liputan6.com muat Jumat (17/5/2018).

"Perwakilan korps diplomatik dari Uni Eropa, Republik Ceko, Denmark, Hongaria, Irlandia, Polandia, Rumania, Jepang, dan Singapura bekerja bersama pemilik rumah, relawan, dan staf Habitat for Humanity Indonesia membangun 11 rumah," imbuh Pak Dubes AS untuk Indonesia itu.

Kegiatan pembangunan rumah yang berlangsung satu hari itu berkontribusi pada Program Pengembangan Desa di wilayah Babakan Madang Sentul 2018, yang diwujudkan melalui revitalisasi masyarakat terpadu dan membangun lebih dari 600 rumah baru, toilet umum, dua perpustakaan, dan pusat komunitas; perbaikan rumah dan toilet rumah tangga perorangan; serta memasang saluran pipa air bersih bagi lebih dari 300 keluarga.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendukung 100.000 Keluarga Indonesia

Secara keseluruhan, Habitat for Humanity Indonesia bertujuan untuk mendukung setidaknya 100 ribu keluarga Indonesia yang membutuhkan perumahan yang layak pada 2020.

"Kami berterima kasih mendapatkan dukungan dari para duta besar, diplomat, dan para pemimpin dari sektor publik dan korporasi, dalam membangun perumahan layak huni dan fasilitas air bersih di tanah air, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah," jelas David Andre Ardhani, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia.

Acara "Ambassador Dig" pertama sebelumnya digelar pada 2014. Acara tahun ini bertajuk utama "Nations Build Indonesia" sebagai ungkapan solidaritas bangsa-bangsa sahabat akan kebutuhan mendesak bidang perumahan yang terjangkau di Indonesia, di mana lebih dari 28 juta orang hidup dalam kemiskinan.

Saat ini, hampir 70 persen rumah keluarga berpenghasilan rendah di Indonesia dibangun oleh keluarga sendiri yang sering menggunakan bahan-bahan berkualitas rendah.

Membangun ketahanan masyarakat melalui solusi perumahan yang berkelanjutan sangat penting di Indonesia yang rawan bencana, dengan ancaman bencana dan perubahan iklim menambah beban bagi keluarga yang sudah rentan dan tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk akses ke perumahan yang layak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.