Sukses

Sering Minum Teh Bisa Bikin Gigi Kuning? Ini Kata Ahli

Teh dan kopi adalah minuman favorit bagi seluruh masyarakat di dunia. Konon minuman tersebut bisa bikin gigi kuning. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Teh dan kopi adalah minuman favorit bagi seluruh masyarakat di dunia. Teh dan kopi bisa disajikan dingin dan bisa juga panas. Tergantung kondisi cuaca, minuman ini dapat membuat hari Anda jauh lebih baik

Namun rupanya banyak efek yang bisa ditimbulkan bagi orang mengonsumsi kopi dalam kondisi berlebih. Selain membuat kafein yang dapat menyebabkan susah tidur, tapi juga dapat menyebabkan gigi kuning.

Rupanya tak hanya kopi, teh juga jadi salah satu minuman yang memiliki efek buruk ketika dikonsumsi terlalu banyak, terutama untuk kondisi gigi yang dapat menyebabkan gigi kuning.

Dikutip dari laman The Independent, baru-baru ini seorang ahli gigi White Glo dan Jordan Kirk mengatakan, segala jenis teh dapat menyebabkan gigi berubah warna.

"Enamel gigi secara alami berpori dan dapat menyerap tannin dalam teh, yang mengarah pada perubahan warna gigi yang tidak menyenangkan," katanya.

Teh mengandung beberapa senyawa yang sudah diketahui menodai gigi. Menurutnya termasuk theaflavin, thearubigins dan theabrownins, yang memiliki lebih banyak efek perubahan warna pada gigi.

Theaflavins dan thearubigins adalah konstituen dari tannin, zat yang juga digunakan dalam proses penyamakan kulit.

Teh hijau diduga mengandung jumlah tanin tertinggi, seperti yang dinyatakan oleh Victor R Preedy, penulis 'Teh dalam Kesehatan dan Pencegahan Penyakit'.

Beberapa tanin adalah antioksidan, dan dengan demikian dapat dilaporkan membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Sementara sejumlah besar asam tannic dapat menyebabkan iritasi lambung dan kerusakan hati, para ahli telah mengklarifikasi bahwa baik teh hijau dan hitam mengandung tanin, bukan asam tannic.

Sementara itu Kirk juga menjelaskan kepada The Sun bahwa kadar tannin yang tinggi menciptakan plak di gigi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning.

 

Reporter: Syifa Fauziah

Sumber: Brilio.net

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.