Sukses

Dianggap Tak Akurat, Boneka Barbie Frida Kahlo Digugat

Liputan6.com, Mexico City - Produsen Barbie, Mattel, digugat secara hukum oleh salah seorang kerabat dari seniman Meksiko, Frida Kahlo terkait rilisnya koleksi boneka bertajuk Inspiring Women.

Keponakan dari cucu Frida Kahlo itu bernama Mara de Anda Romeo. Ia menggugat Mattel dengan tuduhan telah menciptakan 'replika' sang seniman secara tidak akurat dan tanpa izin. Demikian dilansir dari Time.com pada Jumat (9/3/2018).

Pablo Sangri, pengacara Anda Romeo, mengatakan bahwa kliennya tidak menginginkan uang ganti rugi, tetapi mengapresiasi iktikad baik dari Mattel untuk duduk bersama dan bicara soal desain ulang boneka Barbie terkait.

"Kami akan mengatakan kepada mereka untuk memperhatikan dengan seksama karakter, penampilan, serta sejarah yang sesuai sosok (Frida Kahlo) sesungguhnya," ujar Sangri.

Beberapa kritik yang diajukan oleh Anda Romeo adalah ketidakakuratan pada proporsi tubuh, bentuk alis yang tidak menyatu sempurna, dan pakaian yang dianggap tidak sesuai gaya Tehuanan -- style penampilan yang kerap dikenakan oleh sang seniman.

"(Boneka) itu terlihat seperti Barbie pada umumnya, dibandingkan Kahlo," protes Anda Romeo melalui kuasa hukumnya.

Barbie, menurut Anda Romeo, adalah simbol industri mainan Amerika yang kerap dikritik karena menggambarkan proporsi tubuh yang tidak realistis pada wanita.

Selain itu, Anda Romeo juga menilai, Barbie mengajarkan konsep konsumtif, di mana hal itu berlawanan keras dengan keyakinan Kahlo sebagai seorang komunis hingga kepergiannya pada 1954 silam.

 

Simak video mengenai sebuah pasangan yang terobsesi mirip Barbie dan Ken berikut: 

1 dari 2 halaman

Sudah Mendapat Izin Legal

Sementara itu, pihak Mattel berkilah telah mendapat izin resmi pembuatan boneka Frida Kahlo dari Kahlo Corp, sebuah firma di Panama, yang secara eksklusif memegang seluruh hak kekayaan intelektual sang seniman.

"Kami aktif berpartispasi dalam proses desain boneka terkait. Mattel telah mengajukan izin dan membuat kontrak secara legal tentang pembuatan replika Frida Kahlo," jelas Frida Kahlo Corp dalam sebuah pernyataan resmi pada Kamis, 9 Maret 2018.

Perusahaan terkait mengaku mendapat hak penuh atas sosok dan karya Frida Kahlo dari salah seorang keponakannya -- yang juga anak didiknya -- Isola Pinedo Kahlo, lebih dari satu dekade lalu.

Ditambahkan oleh Mattel, bahwa pembuatan replika terkait merupakan wujud apresiasi terhadap kontribusi Kahlo dalam isu pemberdayaan wanita di ranah seni.

Artikel Selanjutnya
Seperti Hercules, Satpam Memanggul Motor
Artikel Selanjutnya
9-3-1959: New York City Jadi Saksi Debut Boneka Barbie