Sukses

Live Streaming Kongres Diaspora Indonesia yang Dihadiri Obama

Liputan6.com, Jakarta - Barack Obama menyambangi Indonesia di penghujung Juni hingga awal Juli 2017. Ini adalah kali pertama ia mengunjungi Tanah Air setelah tak lagi menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Setelah berlibur di Bali dan Yogyakarta, Presiden ke-44 AS itu bertolak ke Jakarta pada Jumat 30 Juni 2017. Obama juga sempat berkunjung ke Istana Bogor, memenuhi undangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

Pada Sabtu 1 Juli 2017, Obama dijadwalkan menghadiri dan menyampaikan pidato pada 4th Congress of Indonesian Diaspora atau Kongres Diaspora Indonesia ke-4 yang digelar di Mal Kota Kasablanka.

Pidato Obama di kegiatan tersebut juga merupakan kali pertama ia berbicara di hadapan publik di kawasan Asia, setelah meninggalkan kursi kepresidenan Gedung Putih pada Januari 2017 lalu.

"Presiden Obama akan berbicara di Konvensi Diaspora Indonesia, konvensi terbesar dalam sejarah diaspora Indonesia yang akan dihadiri oleh sekitar 9.000 orang," kata Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global, Dino Patti Djalal saat wawancara khusus dengan Liputan6.com.

Dino Patti Djalal menambahkan kongres yang bertajuk 'Bersinergi Untuk Negeri' tersebut merupakan ajang tahunan berbentuk seminar dan forum diskusi yang dihadiri oleh para diaspora Indonesia.

Sejumlah isu-isu seputar ke-diaspora-an akan dipaparkan di sana. 

"Kita harus menyadari bahwa Indonesia punya harta karun, yaitu diaspora. Jumlah diaspora Indonesia hampir sekitar 8 juta sama seperti penduduk Jakarta. Tapi diaspora lebih resourceful. Karena di luar negeri mereka lebih bersaing, lebih punya jaringan," ujar Dino.

 

 

*Liputan6.com menyiarkan penyelenggaraan Kongres Diaspora Indonesia ke-4 secara livestreaming. Namun, atas permintaan pihak Barack Obama, kami tidak bisa menayangkan pidato Presiden ke-44 Amerika Serikat tersebut. 

 

Saksikan pelaksanaan Kongres Diaspora Indonesia yang dihadiri Barack Obama melalui tautan berikut atau saksikan video di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Aksi Kaesang Rekam Keakraban Jokowi dan Obama di Istana Bogor
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Alarm Toyota Avanza Paling Mudah Dilumpuhkan