Sukses

Ada Cacing Sepanjang 7 Cm Bersarang di Mata Perempuan Ini

Dokter menemukan 'tamu' tak diundang berupa cacing berwarna putih pada mata wanita 56 tahun tersebut.

Liputan6.com, Kerala - Seorang perempuan paro baya berobat ke sebuah rumah sakit di India. Lalitha, namanya, mengeluhkan matanya yang gatal bukan kepalang. 

Dokter pun melakukan berbagai pemeriksaan, untuk menentukan penyebab masalah, sebelum akhirnya mereka mendapati temuan mengejutkan.

Dari pemeriksaan, dokter menemukan 'tamu' tak diundang berupa cacing berwarna putih, pada organ penglihatan wanita 56 tahun tersebut.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu (14/6/2017), sebuah tim dari rumah sakit pemerintah di Ernakulam, Kerala, akhirnya memutuskan untuk mengoperasi Lalitha.

Dalam rekaman yang beredar, terlihat cacing itu ditarik dari mata wanita India tersebut menggunakan penjepit.

Cacing sepanjang 7 sentimeter diangkat dalam operasi yang berlangsung selama 10 menit. Setelah itu, pasien bebas dari rasa gatal yang menyiksanya. 


Infeksi Cacing

Usai pemeriksaan lebih lanjut, cacing yang berada di mata wanita itu diketahui jenis Dirofilaria.

Cacing tersebut bisa menyebabkan infeksi dirofilariasis yang kerap ditularkan oleh nyamuk, serangga dan kutu.

Tercatat sekitar 900 kasus dirofilariasis di seluruh dunia sejak pertama kali didokumentasikan pada tahun 1885, menurut Journal of Diseases Parasit.

Mayoritas kasus dilaporkan dari Eropa selatan dan timur, Sri Lanka, Italia, Prancis, Yunani dan Spanyol.

 

 

Berikut ini rekamannya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.