Sukses

Mobil Monster Presiden AS Meluncur Akhir Maret 2017?

Limosin super canggih yang menjadi mobil kepresidenan AS dijuluki The Beast atau monster.

Liputan6.com, Washington, DC - Limosin baru kepresidenan Amerika Serikat (AS) yang semula dijadwalkan memulai debutnya pada hari pelantikan Donald Trump kini dikabarkan akan meluncur di jalanan pada 30 Maret 2017. Gambar teranyar dari kendaraan yang dijuluki The Cadillac One atau The Beast ini pun telah beredar.

The Beast baru tersebut diyakini bernilai US$ 1,5 juta atau setara dengan Rp 20 miliar. Kelak, mobil itu akan menggantikan Cadillac model 2009 yang selama ini mengangkut Barack Obama di berbagai penjuru dunia.

Seperti dilansir News.com.au, Kamis, (2/3/2017) pada awal tahun ini The New York Post merilis detail kendaraan resmi presiden AS itu, di mana disebutkan bahwa mobil tersebut tahan serangan peluru, senjata biologi, maupun senjata kimia.

Pintunya digambarkan begitu berat sehingga presiden tidak mampu membukanya dari dalam. Berbagai peralatan untuk mendukung keselamatan presiden termasuk pasokan golongan darah orang nomor satu di AS itu juga tersedia di The Cadillac One.

Diprediksi, bobot kosong mobil itu lebih berat dari delapan ton, angka yang menjadi bobot mobil kepresidenan era Obama.

Tidak cukup sampai disitu, mobil sedan mewah super canggih itu disebut juga memiliki berbagai peralatan pertahanan diri, termasuk gas air mata dan shotgun.

Autoweek mengulas kendaraan super eksklusif ini pada November 2016 lalu dan membandingkannya dengan versi sebelumnya.

"Limo tidak akan lebih besar dan soal interior, versi 2017 sebagian besar akan mirip dengan versi 2009," tulis Autoweek.

"Limosin ini akan mempertahankan tampilan dari Cadillac Escalade dengan tujuh kursi, tata letaknya 2+3+2 untuk membawa kepala pemerintahan dan beberapa stafnya bepergian," demikian ulasan Autoweek.

Mobil kepresidenan itu dijuluki The Beast atau "Monster" karena sasis yang mendukung performa mobil ini sejatinya sasis truk yang diperkuat baja 5 inci. Dirancang demikian mengingat beban yang harus ditanggung The Cadillac One tergolong besar.

Secret Service menawarkan kontrak baru untuk merancang dan membangun sebuah armada darat bagi presiden AS pada tahun 2014 lalu. General Motors, yang sebelumnya juga mengerjakan proyek serupa kembali mendapat kepercayaan untuk "melahirkan" The Cadillac One baru.

"Ini merupakan kehormatan bagi Cadillac untuk mendesain dan membangun limosin presiden, melanjutkan tradisi hebat Amerika," ujar juru bicara Cadillac kepada FOXBusiness.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.