Sukses

Top 3: Perpustakaan Rahasia di Tengah Amuk Peperangan Suriah

Para kutu buku menyelamatkan buku-buku dari bencana peperangan dan menyimpannya dalam perpustakaan bawah tanah.

Liputan6.com, Jakarta - Di antara reruntuhan kota yang terkoyak-koyak peperangan, rasanya sukar menemukan tempat untuk menenangkan jiwa. Tapi, sebagian warga Darayya di pinggiran Damaskus, Suriah, menemukan cara mereka sendiri untuk berada dalam surga di tengah neraka.

Para kutu buku menyelamatkan buku-buku dari bencana peperangan dan menyimpannya dalam perpustakaan bawah tanah. Ketenangan di tengah gemuruh perang itu menjadi kisah yang paling dibaca pembaca Liputan6.com kanal Global Liputan6.com,  edisi Senin (1/8/2016) sore. 

Berikutnya, para pembaca tersedot perhatiannya kepada aliran lahar panas dari lava gunung berapi Kiaulea yang tersenyum. Detik-detik proses aliran lava di Hawaii itu terekam oleh sejumlah staf Paradise Helicopters. Menakjubkan.

Selain peperangan di Suriah, para pembaca mengikuti perang pendapat sahut menyahut antara Donald Trump dengan pasangan Khizr Khan dan istrinya Ghazala Khan. Pasangan itu memandang Trump belum mengorbankan apa-apa dan sebaliknya Trump mempertanyakan diamnya Ghazala Khan di panggung. Ghazala pun menanggapi.

Berikut adalah Top 3 Global selengkapnya: 

 

1.  Ada 'Surga' Tersembunyi di Neraka Suriah

Ada 'Surga' Tersembunyi di Neraka Suriah (BBC)

Ketika sebuah kota telah ditawan selama bertahun-tahun dan penduduknya menderita kelaparan, kemungkinan tak ada yang berminat untuk membaca buku. Namun, para 'kutu-buku' telah menyelamatkan buku-buku dari gedung yang hancur karena bom dan menyembunyikannya di sebuah perpustakaan bawah tanah di Suriah.

Dan yang menakjubkan, meski harus menghindari hujan peluru, tetap ada saja para pembaca antusias yang berrusaha mencapai perpustakaan itu.

Setelah menuruni tangga sejauh mungkin dari sambaran peluru yang ditembakkan penembak jitu di permukaan, maka Anda akan menjumpai sebuah ruangan temaram. Terkubur di bawah sebuah bangunan yang telah dihancurkan bom, ruangan ini adalah sebuah perpustakaan rahasia yang menawarkan kesempatan untuk belajar, harapan, dan inspirasi bagi mereka yang tertawan di Darayya, di pinggiran kota Damaskus.

Selanjutnya...

 

2. Detik-Detik Lava 'Tersenyum' Mengalir ke Samudera Pasifik

Ini kali pertamanya aliran lava Kilauea mencapai Samudera Pasifik sejak tahun 1983 (Paradise Helicopters/Dailymail.com)

Seorang fotografer berhasil mengabadikan foto aliran lava 'tersenyum' yang luar bisa di Gunung Api Kilauea, Hawaii, Samudera Pasifik.

Rekaman aliran api tersebut mengalir dari puncak gunung menuju lautan pun berhasil diambil oleh Paradise Helicopters, minggu lalu, dikutip dari Daily Mail, Minggu 31 Juli 2016.

Dalam video tersebut terlihat lava di Kilauea mengaliri lereng gunung di Hawaii Volcanoes National Park, menuju lautan lepas Samudera pasifik.

Di dalam rekaman tersebut terlihat retakan lava di dalam kawah api membentuk gambar emoji 'tersenyum', sebelum akhirnya pecah dan mengalir ke laut.

Selanjutnya...

 

3. Ibu Almarhum Tentara Muslim AS Serang Balik Donald Trump

Dihina Donald Trump, Ibu Tentara Muslim AS Serang Balik (Sam Hodgson/New York Times)

Pada puncak Konvensi Nasional Demokrat Kamis 28 Juli lalu, salah seorang pembicara di atas panggung adalah Khizr Khan dan istrinya Ghazala Khan. Mereka adalah orangtua dari Humayun Khan, seorang tentara berpangkat kapten di Angkatan Darat AS.

Humayun tewas akibat bom mobil di Irak pada 2004, pada usia yang masih muda 27 tahun. Oleh pemerintah AS, ia dianugerahi bintang jasa secara anumerta.

Humayun adalah tentara muslim AS yang tewas dalam perang di Irak. Menurut sang ayah di atas panggung, Humayun bercita-cita jadi pengacara militer dan ia mendukung Hillary Clinton untuk jadi Presiden AS karena ia satu-satunya kandidat yang menghargai orang-orang seperti dia dan anak mereka.

Selain itu, Khizr Khan mengecam Donald Trump.

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.