Sukses

Mahasiswi UI Terpilih Menjadi Duta Besar Denmark untuk Sehari

#Ambassador1Day terpilih, menggantikan tugas Dubes Denmark untuk Indonesia dalam sehari.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Denmark di Indonesia bekerja sama dengan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) kembali menyelenggarakan kompetisi #Ambassador1Day untuk yang ke tiga kalinya.

Dari 460 pendaftar dan seleksi yang ketat, Syarifah Reihana Fakhry terpilih menjadi Duta Besar Denmark untuk Indonesia dalam sehari.

Perempuan yang akrab disapa Reina itu, merupakan mahasiswa Universitas Indonesia angkatan 2013. Saat ini ia masih aktif berkuliah di Fakultas Hukum dan baru menyelesaikan semester 6.

Pada Rabu (22/6/2016), Reina bertugas untuk mengikuti Duta Besar Denmark, Casper Klynge, ke beberapa pertemuan bilateral maupun multilateral di antaranya dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, Kasal Ade Supandi dan mengikuti Perayaan Ulang Tahun ke-489 Jakarta.

Ia mengaku mulai tertarik mengikuti perkembangan kerja sama antara Indonesia dengan Denmark ketika Keluarga Kerjaan negara tersebut melakukan kunjungan ke Indonesia pada Oktober 2015.

"Menurut saya kegiatan itu sangat bermanfaat bagi kedua negara. Ketika lihat pengumumannya (#Ambassador1Day) saya langsung buat essay-nya," tutur Reina.

"Saya merasa sangat senang dan bersyukur mendapat kesempatan ini. Program ini sangat bagus karena melibatkan anak muda yang akan menjadi generasi masa depan," ujarnya ketika ia dipilih menjadi #Ambassador1Day

Menurut keterangan Dubes Klynge, tujuan dilakukannya #Ambassador1Day yakni untuk meningkatkan hubungan persahabatan antara Denmark dengan Indonesia. Ia juga menambahkan, program tersebut menunjukkan bahwa Indonesia memiliki banyak generasi muda yang berbakat.

"Jika Indonesia memiliki generasi muda yang sangat berbakat seperti ini, maka negara ini memiliki masa depan menjanjikan," tutur Dubes Klynge.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menjelaskan, #Ambassador1Day juga bertujuan untuk memperkaya wawasan dan pengalaman duta besar terpilih terkait isu hubungan bilateral kedua negara.

Menlu Retno juga mengatakan, untuk tahun ini tema yang diangkat dalam program #Ambassador1Day adalah tentang kemaritiman.

"Kerjasama maritim sudah disepakati untuk ditingkatkan pada saat Menteri Luar Negeri Denmark berkunjung ke Indonesia," ujar Menlu Retno.

Pada September 2016 nanti, Reina yang pernah magang di sebuah Firma Hukum di Singapura dan menjadi wakil Major Group for Children and Youth PBB untuk Asia Tenggara dan Utara itu, akan diberi kesempatan selama dua minggu untuk berkunjung ke Denmark dan bertemu dengan pejabat yang ada di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini