Sukses

Unik, Kelompok Kepiting Ini Saling Tukar-menukar Rumah

Cuplikan kepiting hermit saling bergantian cangkang untuk mengakomodasi tubuhnya yang semakin besar.

Liputan6.com, Jakarta - Kepiting hermit atau yang biasa dikenal dengan sebutan kelomang di tanah air, memiliki kebiasaan unik, yaitu bersembunyi di dalam cangkang. Tak hanya itu saja, kepiting hermit juga dikenal sebagai binatang yang sering berpindah rumah.

Seiring dengan berjalannya waktu, kepiting hermit akan tumbuh membesar. Dengan begitu, mereka harus bergegas menemukan cangkang baru yang  berukuran lebih besar dan meninggalkan 'rumah' mereka sebelumnya.

Melansir dari BBC, Selasa (14/6/16) untuk menemukan cangkang baru, kepiting hermit pada umumnya menggunakan rantai lowong -- kegiatan di mana sekelompok kelomang ini membentuk semacam antrian dari ukuran terbesar sampai ke ukuran terkecil.

Kepiting terbesar akan pindah ke cangkang baru yang ditemukan di pinggir pantai; kepiting terbesar kedua pindah ke cangkang yang baru dikosongkan oleh kepiting terbesar pertama dan memberikan cangkang sebelumnya untuk kepiting ketiga, dan seterusnya.

Berikut video proses kegiatan rantai lowong pada kepiting hermit:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.