Sukses

Indonesia-Mesir Sepakat Perjuangkan Kemerdekaan Palestina di PBB

Menlu Soukry juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Indonesia yang telah bersedia menjadi tuan rumah KTT LB OKI.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menlu Mesir Sameh Soukry sepakat akan mengangkat hasil Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT LB OKI) ke-5 tentang Palestina dan Al Quds hingga ke PBB dan pertemuan internasional lainnya.

"Mesir memainkan peran yang signifikan dalam pembahasan masalah Palestina, dan dengan dukungan dari Mesir, konferensi ini akan dapat menghasilkan resolusi dan deklarasi yang sangat bagus," kata Menlu Retno Marsudi dalam pernyataan pers bersama usai pertemuan bilateral di sela KTT LB OKI di Jakarta Convention Center (JCC), seperti dikutip dari Antara, Minggu (6/3/2016).

Perdana Menteri (PM) Mesir Sharif Ismail membuka KTT LB OKI ke-5 tentang Palestina dan Al Quds di Jakarta karena negara tersebut masih menjadi negara Ketua Konferensi OKI ke-12, sebelum menyerahkan keketuaannya kepada Turki pada April mendatang. 

"Kami bermaksud untuk melanjutkan bekerja sama dengan Indonesia pada waktu-waktu mendatang, untuk mengangkat hasil dari pertemuan ini dan berbagai masalah tentang hak-hak Palestina ke sidang PBB dan pertemuan internasional lainnya," kata Menlu Mesir Sameh Soukry yang khusus membahas masalah status Al Quds (Yerusalem) dan hak-hak rakyat Palestina.

"Pertemuan ini adalah sikap yang sangat penting untuk menunjukkan kesatuan solidaritas dalam dunia Islam terhadap negara Palestina yang menyatakan kemerdekaannya pada 1967," imbuh Soukry.

Soukry juga mengapresiasi langkah Indonesia yang mengundang tidak hanya anggota OKI dan negara peninjau, tetapi juga anggota Kuartet negosiasi Palestina-Israel serta anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

"Indonesia mengundang semua pihak sehingga kita akan dapat mengkombinasikan langkah untuk mendukung Palestina dalam proses negosiasi," ucap Soukry.

Dalam gelaran yang juga kerap disebut KTT OKI, kedua menlu juga membahas kerja sama bilateral di berbagai bidang. Terutama kerja sama pendidikan terkait kesuksesan kunjungan Imam Besar Universitas Al Azhar ke Indonesia dan hubungan ekonomi.

Menlu Retno melaporkan, bahwa Indonesia telah selesai membangun asrama mahasiswa di Al Azhar Mesir, tempat sekitar 3 ribu mahasiswa Indonesia belajar di sana.

Di bidang ekonomi, kedua menlu sepakat untuk meningkatkan nilai perdagangan yang pada periode Januari hingga November 2015 mencapai US$1,28 miliar.

Berikut ini cuplikan pidato dari PM Mesir Sharif Ismail ketika membuka KTT LB OKI ke-5 tentang Palestina dan Al Quds di Jakarta:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.