Sukses

Canggih, Ada Robot yang Bisa Melahirkan

Ilmuwan mengatakan jika robot nantinya akan mempunyai sifat manusia lain, yakni melahirkan. (reuters)

Liputan6.com, Inggris - Para peneliti di University of Cambridge telah merancang sebuah robot yang dapat melahirkan.

Dilansir dari engadget, yang dimaksud melahirkan dalam hal ini  bukanlah memiliki rahim yang bisa menghasilkan anak robot, melainkan membuat robot yang mampu berperan sebagai 'ibu' robot yang bisa merancang, membangun, menguji, serta memperbaiki robot bayi. Hal itu bertujuan untuk menciptakan robot generasi penerus.

Pembuatan ibu robot ini didasari oleh penerapan dari seleksi alam, seperti reproduksi, penilaian, serta hal-hal lainnya, demikian ungkap tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Fumiya Lida tersebut.

Dr Fumiya mengatakan, "Hal itu menjadi dasarnya, apakah robot ini dapat melakukan dan benar-benar bisa melanjutkan spesiesnya."

Ibu robot akan melakukan pengujian kepada anak-anak robot melalui data yang telah dikumpulkan sebelumnya, sementara jika masih ada kekurangan terhadap robot anak tersebut, maka secara otomatis ibu robot ini bisa memperbaikinya.

19 Juni lalu, penelitian terkait ibu robot ini telah dipublikasikan ke dalam jurnal PLoS One. (Dsu/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.